Fokus

Selasa, 26 Mei 2020 12:18 WIB

Mantap! Lihat dari Dekat Penanganan Reaksi Cepat Kampung Tangguh

Editor: Ferro Maulana

Kapolda Jatim bersama Kapolres Pelabuhan Tanjungan Perak dan Jajarannya mendatangi Kampung Tangguh di RW 04 Kelurahan Sidotopo yang memiliki fasilitas lumayan lengkap. (Foto: PMJ News)

PMJ - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol DR M Fadil Imran M.Si mengunjungi Kampung Tangguh di Jalan Sidotopo II RW 04, Kecamatan Semampir, Senin (26/05/2020) malam.

Kedatangan Kapolda saat itu didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH beserta sejumlah pejabat Polda lainnya.

Fadil nampak terkesan dengan Kampung Tangguh di RW 04 Kelurahan Sidotopo ini yang memiliki fasilitas lumayan lengkap. Mulai lumbung pangan, ruang isolasi dan juga dapur umum.

Protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran covid-19 juga diterapkan di Kampung Tangguh. Termasuk pengecekan suhu badan kepada masyarakat dan tamu yang akan masuk ke lingkungan ini, serta penyemprotan disinfektan dan pendataan sekaligus pemeriksaan tujuan bagi tamu yang akan masuk.

Kapolda Jatim bersama Kapolres Pelabuhan Tanjungan Perak dan Jajarannya mendatangi Kampung Tangguh di RW 04 Kelurahan Sidotopo yang memiliki fasilitas lumayan lengkap. (Foto: PMJ News)

Ide pembentukan Kampung Tangguh di Surabaya sendiri muncul dari Kapolda usai melakukan kunjungan di Kampung Tangguh yang ada di Kabupaten Malang.

Hingga sekarang, jumlah tim relawan sebanyak 40 orang. Mereka terbagi menjadi 5 divisi. Masing-masing yaitu divisi keamanan, pangan, kesehatan, humas dan divisi data.

Tujuan utama kinerja para tim relawan ini adalah untuk melindungi seluruh warga di wilayah RW 04 yang tercatat sebanyak 750 KK dari bahaya penularan virus corona (covid-19).

Ikut dalam kunjungan Kapolda ini antara lain, Kapolsek Semampir, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Kompol Aryanto Agus.

Dijelaskan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, ada beberapa pesan yang disampaikan Kapolda kepada ketua tim relawan Kampung Tangguh yang sekaligus menjabat ketua RW 04, Sworo Adi Suryanto dan para anggotanya.

“Yang paling utama yakni kedisiplinan. Karena ini merupakan kunci atau hal paling penting untuk bisa memutus rantai penyebaran Covid-19," ujarnya.

"Termasuk disiplin memakai masker, jaga jarak atau social distancing dan physical distancing,” katanya lagi.

Kapolda juga berharap agar apa yang sudah dilakukan RW 04 Kelurahan Sidotopo ini dapat menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya untuk ikut mendirikan Kampung Tangguh guna mempercepat penanganan Pandemi Covid-19. (FER)

BERITA TERKAIT