test

Hukrim

Rabu, 12 Februari 2020 15:05 WIB

Kepala BNN: 80 Persen Penyelundupan Narkoba ke Indonesia Gunakan Jalur Laut

Editor: Ferro Maulana

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko . (Foto: Dok Net)

PMJ - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Heru Winarko menjelaskan bahwa sebanyak 80 persen penyelundupan narkoba ke Indonesia menggunakan jalur laut.

"Narkoba yang berasal dari wilayah golden triangle (segitiga emas) yaitu di Thailand, Myanmar dan Laos. 80 persennya dikirim melalui jalur laut," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (12/02/2020).

Merunut Provinsi Jambi yang wilayah barat dan timurnya dikelilingi laut, Heru pun berharap semua instansi terkait, baik Polda Jambi serta unsur TNI untuk memperkuat pengawasan di kawasan pantai atau pesisir.

“Tolong di daerah pantai atau pesisir terus-menerus diperkuat penjagaannya oleh Babinsa, kepala desa, TNI dan BNN. Wilayah ini kita perkuat di mana mereka masuk lewat rute pinggir pantai,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Jambi, Kombes Pol Eka Wahyudianta berjanji akan melakukan mapping terhadap wilayahnya.

"Saya mewajibkan kamtibmas untuk berkunjung ke tokoh-tokoh penggiat narkoba, dan melaporkannya ke pimpinannya dan melanjutkan ke Mapolda Jambi," kata Eka.

Ia pun berharap masyarakat ikut berperan memerangi narkoba di wilayah Jambi.

"Tentu bukan hanya polisi saja, peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam pemberantasan narkoba," tegasnya menutup pembicaraan. (BNN/ FER).

BERITA TERKAIT