test

Hukrim

Jumat, 26 Juni 2020 12:00 WIB

Ini Dia Berbagai Kesuksesan BNN Dalam Mengungkap dan Menangkap Jaringan Narkoba

Editor: Ferro Maulana

Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 secara virtual, hari ini Jumat (26/06/2020). Kegiatan ini bertajuk "Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba."

Sekedar informasi, acara ini juga dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua DPR RI Puan Maharani, bersama pegiat anti narkotika.

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko menjelaskan dalam bidang supply reduction, pihaknya sudah sukses memetakan 98 jaringan narkotika. Yang mana 27 di antaranya sindikat berskala internasional.

Dari jumlah tersebut, 33 jaringan sudah diungkap dan 19 di antaranya melibatkan warga binaan di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas).

"Berhasil memetakan 98 jaringan sindikat narkotika. 27 jaringan antara lain berskala internasional, dengan mengungkap 33 jaringan. Dan, sedikitnya ada 19 jaringan yang melibatkan warga binaan atau napi di Lapas," ungkap Heru.

Sementara itu, pada 2019 lalu, BNN sukses mengungkap 55 kasus dengan jumlah tersangka 59 orang. Sedangkan, di masa pandemi corona, BNN juga mengungkap 14 jaringan narkotika berskala internasional.

"(Penyelundupannya) kebanyakan lewat online, jasa pengiriman, tapi masih ada juga lewat jalur laut," katanya lagi.

"Polri juga bisa mengungkap peredaran gelap narkotika dari 2019 sampai sekarang sebanyak 16 ton sabu dari kurun waktu Januari sampai Maret 2020," tutupnya. (FER).

BERITA TERKAIT