test

Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2024 11:40 WIB

Studi: Tak Hanya untuk Kesehatan Mata, Wortel Bermanfaat Bagi Kulit

Editor: Hadi Ismanto

Peneliti menyebut mengonsumsi beberapa baby carrot atau wortel berukuran kecil bisa meningkatkan kadar karotenoid kulit. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Sebuah studi baru menemukan bahwa wortel tidak hanya baik untuk penglihatan, tetapi juga bermanfaat bagi kulit. Hasil penelitian ini dipresentasikan pada konferensi Nutrition 2024.

Para peneliti menyebut mengonsumsi beberapa baby carrot atau wortel berukuran kecil sebanyak tiga kali sepekan bisa meningkatkan kadar karotenoid kulit pada orang dewasa.

Kadar karotenoid kulit yang tinggi memiliki kaitan dengan peningkatan perlindungan antioksidan dan risiko yang lebih rendah untuk penyakit kronis-termasuk kanker dan penyakit jantung. Tingkat karotenoid yang tinggi juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh seseorang.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kadar karotenoid kulit dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi tiga kali lipat porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari selama tiga pekan," ungkap Mary Harper Simmons, mahasiswa Magister Sains Nutrisi di Universitas Samford dan penulis utama penelitian ini.

"Temuan kami menunjukkan bahwa modifikasi pola makan yang kecil dan sederhana, dengan memasukkan wortel sebagai camilan. Hal ini dapat secara signifikan meningkatkan akumulasi karotenoid pada kulit," imbuhnya seperti dilansir dari laman Study Finds, Rabu (24/7/2024).

Untuk sampai pada kesimpulan ini, peneliti melibatkan 60 orang dewasa muda. Mereka secara acak diminta untuk mengonsumsi irisan apel Granny Smith, 100 gram (sekitar setengah cangkir) baby carrot, suplemen multivitamin yang mengandung beta karoten, serta kombinasi baby carrot dan suplemen tersebut selama empat pekan.

Para penulis menggunakan instrumen spektroskopi yang disebut VeggieMeter untuk mengukur karotenoid kulit para partisipan. Hasilnya, orang yang secara teratur makan wortel mengalami peningkatan 10 persen dalam skor karotenoid kulit mereka. Hasil ini lebih tinggi, meningkat 21,6 persen ketika peserta makan wortel dan mengonsumsi multivitamin.

Manfaat kulit hanya terlihat di antara orang-orang yang makan wortel atau baby carrot. Kelompok kontrol-orang yang hanya mengonsumsi irisan apel Granny Smith-tidak mengalami perubahan pada tingkat karotenoid kulit mereka.

BERITA TERKAIT