test

Kesehatan

Selasa, 14 Desember 2021 10:35 WIB

Studi: Cuka Apel Ampuh Mengontrol Gula Darah

Editor: Hadi Ismanto

Manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Sejumlah penelitian menunjukkan cuka apel bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk mengontrol gula darah. Cuka sari apel dibuat dari fermentasi apel yang dihancurkan dengan probiotik yang mengubah gula menjadi asam asetat.

Seperti dilansir dari Womans World, Selasa (14/12/2021), pengujian salah satunyanya dilakukan Arizona State. Penelitian ini menyebut cuka apel dapat mengatasi lonjakan gula darah hingga 64 persen.

Satu studi pada orang yang menderita diabetes tipe 2, yang berarti tubuh mengalami kesulitan menggunakan insulin dengan benar, menemukan bahwa minum cuka sari apel setiap malam sebelum tidur mengurangi kadar gula darah istirahat mereka di pagi hari.

"Ini kemungkinan karena asam asetat dalam cuka, yang memiliki efek antiglikemik. Cara kerjanya: Pati, yang kita dapatkan dari makanan penuh dengan glukosa menyebabkan gula darah melonjak. Tapi asam asetat membantu menyerap lebih sedikit glukosa," jelas peneliti.

Untuk studi ini, peserta mengambil sekitar dua sendok makan cuka apel setiap malam, yang dapat diencerkan dengan air agar lebih enak. Pastikan untuk menyikat gigi setelahnya, karena cuka dapat merusak email gigi.

Penelitian juga menyebut untuk menurunkan gula darah tinggi dan diabetes disarankan makan makanan yang sehat, bersama dengan mengonsumsi cuka apel dosis harian, bisa membuat Anda lebih sehat.

Kendati begitu, pastikan Ada berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rejimen baru ini. Hal ini disarankan untuk memastikan langkah yang tepat.

BERITA TERKAIT