test

Kesehatan

Jumat, 12 April 2024 15:39 WIB

5 Tips Atasi Keluhan Tubuh Usai Makan Banyak Saat Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Makan berlebihan saat Lebaran dapat membahayakan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Di hari Lebaran tentu banyak sajian khas yang menggugah selera makan. Tak heran jika banyak orang cenderung makan berlebih ketika pada momen kemenangan umat Islam ini.

Kendati begitu, makan berlebihan dapat memunculkan dampak negatif bagi tubuh. Dalam jangka pendek misalnya, makan berlebih bisa memunculkan keluhan atau rasa tidak nyaman seperti refluks asam, kembung dan bergas.

"Rasa tidak nyaman dari makan berlebih ini biasanya baru mulai terasa membaik sekitar beberapa jam kemudian," tulis Cleveland Clinic melalui laman resminya yang dikutip pada Jumat (12/4/2024).

Bila sudah telanjur, Cleveland Clinic menyarakan beberapa hal yang bisa membantu meringankan keluhan-keluhan tersebut. Seperti dilansir WebMD, berikut enam hal di antaranya:

1. Jalan Santai
Meski sedang merasa tak nyaman, coba lakukan jalan kaki santai. Jalan kaki dapat membantu menstimulasi pencernaan dan bahkan menurunkan kadar gula darah yang melonjak akibat makan berlebih.

Bersepeda santai juga bisa menjadi alternatif lain yang dapat membantu. Akan tetapi, jangan melakukannya terlalu intens. Aktivitas fisik yang terlalu berat justru dapat membuat aliran darah lebih berpusat pada kaki daripada perut, sehingga proses pencernaan akan melambat.

2. Minum Air putih
Biasakan minum segelas air putih setelah menyantap makanan dalam porsi besar. Asupan air putih ini bisa membantu tubuh membuang garam berlebih dari makanan yang baru saja dikonsumsi.

Selain itu, asupan air putih juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit akibat makan berlebih. Akan tetapi, jangan meminum air terlalu banyak setelah makan besar karena hal tersebut bisa memunculkan rasa mual.

3. Minum Teh Herbal
Menikmati teh herbal setelah makan dalam porsi besar bisa membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi gas di dalam pencernaan. Beberapa contoh teh herbal yang dapat membantu adalah teh peppermint, teh kamomil, atau teh jahe.

4. Jangan Tiduran
Ketika terlalu kenyang, orang biasanya akan mudah mengantuk. Dalam kondisi ini, tahan diri untuk tidak berbaring di kasur atau sofa. Berbaring dalam kondisi lambung penuh bisa mendorong makanan naik kembali ke atas. Hal ini dapat membuat proses pencernaan melambat dan memperburuk GERD.

5. Olahraga
Sekitar tiga hingga empat jam setelah makan banyak, motivasi diri untuk melakukan olahraga. Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah lari, angkat beban, atau bermain bola basket.

Olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme, mencegah sembelit, dan membakar kalori berlebih. Bila dilakukan secara rutin, olahraga juga dapat membantu mengontrol suasana hati dan rasa lapar, sehingga kecenderungan makan berlebih bisa dicegah.

BERITA TERKAIT