test

Kesehatan

Minggu, 1 Oktober 2023 21:09 WIB

Hindari, Empat Kebiasaan Setelah Makan Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Editor: Hadi Ismanto

Makan berlebihan saat Lebaran dapat membahayakan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Sejumlah kebiasaan setelah makanan ternyata bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Mulai dari kenaikan berat badan hingga kesehatan secara keseluruhan.

Kesalahan ini sering dilakukan banyak orang, namun sering tidak disadari. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini dan membuat pilihan yang bijaksana, Anda dapat mendukung pencernaan yang lebih baik.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Jumat (29/9/2023), berikut empat kebiasaan setelah makan yang bikin berat badan naik dan dapat membahayakan kesehatan.

1. Konsumsi Kafein
Kafein yang sering ditemukan dalam kopi dan teh, dapat mempengaruhi penyerapan mineral dan nutrisi penting, terutama zat besi dan kalsium. Gangguan penyerapan nutrisi ini menjadi perhatian penting bagi mereka yang rutin menikmati minuman berkafein tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini dan memaksimalkan penyerapan nutrisi, disarankan untuk berhati-hati konsumsi kafein. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan periode penyangga kira-kira satu jam setelah makan sebelum meminum minuman ini.

2. Melakukan Aktivitas Fisik Berat
Melakukan aktivitas fisik berat setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan. Ini karena tubuh mengarahkan aliran darah ke otot-otot yang Anda gunakan selama aktivitas fisik tersebut, sehingga mengalihkannya dari organ pencernaan.

Pengalihan aliran darah ini berpotensi menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, kram, dan pencernaan yang lambat. Untuk meningkatkan pencernaan yang optimal dan menghindari masalah ini, disarankan untuk menunggu setidaknya satu jam.

3. Minum Terlalu Banyak Air
Minum air dalam jumlah berlebihan setelah makan berpotensi menimbulkan efek buruk pada proses pencernaan karena mengencerkan asam lambung, yang berperan penting dalam memecah makanan.

Daripada langsung meneguk air dalam jumlah besar setelah makan, pertimbangkan untuk menerapkan pendekatan hidrasi yang lebih hati-hati. Minum air saat makan dapat membantu tetap terhidrasi tanpa membebani sistem pencernaan.

Hal ini memungkinkan tubuh mempertahankan tingkat konsentrasi asam lambung yang sesuai untuk pencernaan yang efektif. Selain itu, disarankan untuk menunggu sekitar 30 menit setelah makan sebelum melanjutkan rutinitas hidrasi rutin.

4. Berbaring
Berbaring segera setelah makan merupakan kebiasaan yang berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman, mulas, dan naiknya asam lambung, sehingga dapat mengganggu proses pencernaan.

Untuk mengurangi risiko ini dan meningkatkan pencernaan yang optimal, disarankan untuk mempertahankan posisi tegak dalam waktu lama setelah makan, idealnya setidaknya dua hingga tiga jam.

Dengan tetap tegak, Anda membiarkan gravitasi membantu memindahkan makanan melalui saluran pencernaan dengan lebih efektif. Ini membantu mencegah asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan sehingga mengurangi kemungkinan mulas dan refluks asam.

Sebaliknya, duduk dengan posisi bersandar atau setengah tegak dapat memberikan kenyamanan sekaligus meminimalkan risiko ketidaknyamanan pencernaan.

BERITA TERKAIT