test

News

Rabu, 27 Maret 2024 14:05 WIB

Tim SAR Gabungan Lanjutkan pencarian Korban Longsor di Kab Bandung Barat

Editor: Fitriawan Ginting

Tim SAR Gabungan lakukan pencarian korban longsor di Kabupaten Bandung Barat. (Foto: PMJ/Dok BNPB).

PMJ NEWS - Banjir dan longsor di Gintung, Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat memakan korban jiwa hingga empat orang. Terbaru ditemukan lagi 1 mayat di lokasi pencarian. Hal itu dibenarkan Staf Biro Humas Basarnas Agus Basori di Jakarta Rabu (27/3/2024). Ia mengatakan, satu korban itu berjenis kelamin perempuan dewasa.

Tim SAR Gabungan terus melakukan operasi pencarian. Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Selasa (26/3) pukul 16.30 WIB kemarin,  korban hilang bertambah satu menjadi total sepuluh orang, tiga diantaranya ditemukan meninggal dunia dan satu bertambah di hari ini. Selain itu, dilaporkan juga terdapat dua warga yang mengalami luka berat.

Dilaporkan hingga hari ini, sebanyak 142 kk atau 527 warga terdampak, masih mengungsi di dua titik yaitu di SDN Padakati dan GOR Cibenda. Tercatat kerugian materil sebanyak  30 unit rumah dan dua unit mushola terdampak.

Terkait pemenuhan kebutuhan dasar, dapur umum dan pos kesehatan telah didirikan. Upaya ini dilakukan untuk dapat menunjang keperluan para warga terdampak yang masih berada dipengungsian.

Upaya penanganan banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bandung Barat terus di lakukan oleh BPBD Bandung Barat dan tim SAR gabungan hingga hari ini, Selasa (26/3). Lokasi kejadian terletak di dua Desa yaitu, Desa Sirnagalih dan Desa Cibenda di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan pencarian korban hilang. Lokasi tebing yang cukup terjal menjadi tantangan tersendiri bagi tim dalam melakukan operasi pencarian.

BERITA TERKAIT