test

News

Rabu, 13 Maret 2024 09:32 WIB

Ini 11 Korban Selamat KM Dewi Jaya II Terbalik di Kepulauan Selayar

Editor: Fitriawan Ginting

KM Dewi 2 Tenggelam di Perairan Sylawesi Selatan. (Foto: PMJ/doknet Lambe)).

PMJ NEWS - Berangkat dari Muara Baru, Jakarta menuju Lombok, NTB, KM Dewi Jaya II terbalik di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Sebanyak 24 orang penumpang kapal itu masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan.

Disampaikan Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Basarnas Makassar, Andi Sultan, kapal berpenumpang 37 orang yang memuat ikan itu terbalik di sekitar 52 Nautical Mile dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, akibat diadang cuaca buruk pada Sabtu (9/3/2024)  dini hari.

Sultan menjelaskan, pada Senin (11/3/2024) sekitar pukul 06.00 Wita, dua orang ditemukan terdampar di Pulau Jampea, Kabupaten Kepulauan Selayar. Satu di antaranya ditemukan telah meninggal dunia. Kemudian di hari yang sama pada pukul 11.00 Wita di Pulau Kayuadi, Kabupaten Kepulauan Selayar, sebanyak 9 orang ditemukan selamat dan 1 orang meninggal dunia. Dan pada Selasa (12/3/2024) pukul 16.40 Wita ditemukan lagi satu orang dalam keadaan selamat di Rajuni, Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Hingga saat ini Selasa (12/3/2024), dari 37 orang, telah ditemukan 11 orang selamat, 2 orang meninggal dunia dan 24 orang masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan," terang Andi Sultan, Selasa (12/3/2024).

Tim rescue dari pos SAR Selayar telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan membentuk posko gabungan untuk percepatan informasi. Dalam melakukan pencarian terhadap korban kapal terbalik, Basarnas mengerahkan Rigid Bouyancy Boat (RBB) menuju ke lokasi kejadian.

"Namun kendala cuaca, kami melakukan pemantauan dan kordinasi. Jalur tersebut jalur transportasi laut apabila melihat tanda-tanda mohon laporkan atau segera dievakuasi," ungkapnya.

Berikut Data korban selamat :
 
1. Dian kurniawan, Magelang
2. Amirrulhak, Jawa Tengah, Kecamatan Wonokerto
3. M Zaki Muntaha, Pekalongan, Jawa Tengah
4. Waryen, Pekalongan, Karanganyar Derto Gam 6 jembatan Merah
5. Tahmid, Pekalongan
6. Amiluddin, Pekalongan
7. Adi Bagus Panuntun, Pekalongan
8. Septo Guntoro,  Pekalongan
9. Maulana Dwi Anggoro, Desa Warulor, Perumahan Balai Restu Agung RT 7 RW 4 Kecamatan Wira, Pekalongan, Jawa Tengah
10. Sun Hen
11. Muzakkir.

BERITA TERKAIT