test

News

Senin, 12 Februari 2024 16:40 WIB

HPN 2024, Wakapolda Metro: Peran Wartawan Dalam Tahapan Pemilu Penting

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto menghadiri acara syukuran dalam rangka Hari Pers Nasional 2024. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto menghadiri acara syukuran bersama dengan awak media Forum Wartawan Polri (FWP) Polda Metro Jaya dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Suyudi yang mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto bersama dengan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Metro Jaya hadir dalam acara yang diselenggarakan di Balai Wartawan FWP Polda Metro Jaya hari Senin (12/2/2024).

Dalam acara HPN Ke-39 dengan tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”, Suyudi menyebutkan momentum bersama untuk menjaga silaturahmi dan mencapai kualitas kinerja yang lebih baik ke depannya.

"Kerja sama antara Polri dan rekan-rekan media adalah sebuah keharusan. Ini dilakukan dalam rangka membangun kepercayaan publik dan mencegah konflik melalui pemberitaan," kata Suyudi, Senin (12/2/2024).

Suyudi menuturkan, awal mulanya wartawan terbentuk memiliki peran ganda sebagai wartawan dan juga sebagai aktivis, yang juga sebagai sarana kontrol tindakan anggota Polri dalam menjalankan tugas.

"Khususnya Polri, ujung pena dan keyboard komputer para wartawan memiliki power atau kekuatan untuk memberitahu kepada masyarakat terkait kebenaran, aktualitas, dan kinerja para anggota Polri,” ucap Suyudi.

"Selain mempercepat akses informasi di kepolisian kepada masyarakat, media juga sebagai sarana kontrol anggota agar dapat bekerja profesional dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” sambungnya.

Tak hanya itu, Suyudi juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan awak media yang sudah turut berkontribusi aktif dalam menjaga harkamtibmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Tentunya saya juga mengingatkan pada jajaran insan pers agar tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, menjaga independensi, serta menegakkan kebenaran dan keadilan bagi setiap liputan yang disajikan,” kata Suyudi.

"Peran rekan-rekan media dalam tahapan pemilu juga tidak kalah penting. Saya mewakili Bapak Kapolda mengapresiasi rekan-rekan media yang selalu berupaya untuk mewujudkan implementasi dan kemitraan bersama Polri dalam mendukung tugas kepolisian, khususnya mengawal lancar dan suksesnya Pemilu damai tahun 2024,” tuturnya.

Sementara itu Ketua FWP Achmad Faruk menambahkan, di HPN 2024 kali ini dapat menjaga sinergitas awak media dan Polda Metro Jaya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat

“Tanpa kebebasan, pers mungkin tidak ada apa-apa. Tapi tanpa pers, rakyat tidak tau apa-apa,” ucapnya.

BERITA TERKAIT