test

News

Selasa, 6 Februari 2024 08:07 WIB

Long Weekend, Polres Bogor Berlakukan Ganjil Genap Kendaraan Menuju Puncak

Editor: Hadi Ismanto

Polres Bogor melakukan pengaturan lalu lintas menuju kawasan Puncak. (Foto: PMJ News/Twitter)

PMJ NEWS - Polres Bogor akan memberlakukan sistem ganjil genap bagi kendaraan yang menuju kawasan wisata Puncak pada libur panjang atau long weekend Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek. Kebijakan ini diterapkan mulai 8-11 Februari 2024.

"Ganjil genap kemungkinan akan dilaksanakan pas hari Kamis, pas tanggal merah," ujar Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Rizky Guntama saat dikonfirmasi, Senin (5/2/2024).

"Nah untuk hari biasa, tetep biasa tetapi pagi hari pada tanggal 8 (Februari) nanti kita mulai ganjil genap yang biasa kita laksanakan hari Sabtu Minggu," sambungnya.

Untuk rekayasa lain yang disiapkan, lanjut Rizky, kebijakannya masih sama seperti hari libur biasanya. Mulai dari penerapan oneway hingga pengalihan arus secara situasional.

"Skema saat ini masih sama seperti sebelum sebelumnya yang pasti akan masih ada ganjil genap, pengalihan arus, oneway atas (Puncak) maupun arah bawah (Jakarta). Untuk waktu disesuaikan dengan arus lalu lintas yang padat situasi nanti," jelasnya.

Rizky memperkirakan peningkatan volume kendaraan di Jalur Puncak akan terjadi mulai Rabu, 7 Februari 2024 sore. Volume kendaraan bakal terus mengalami peningkatan pada pertengahan libur panjang nanti.

"Diprediksi hari Rabu sore sudah mulai meningkat, kita lihat karena libur panjang biasaya satu hari sebelum sudah meningkat untuk arusnya, untuk peak (puncak)-nya kemungkinan di pertengahan liburan," terangnya.

"Biasanya pengalaman yang kita alami itu terus meningkat sampai dengan peak-nya itu dipertengahan liburan baru mulai menurun akan masuk kerja kembali," imbuhnya.

BERITA TERKAIT