test

News

Kamis, 1 Februari 2024 10:05 WIB

Polda Metro Tangkap Empat Provokator Tawuran di Media Sosial

Editor: Hadi Ismanto

Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Hendri Umar saat konferensi pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap empat orang yang diduga melakukan provokasi hingga terjadi tawuran-tawuran di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mereka memprovokasi melalui media sosial.

Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Hendri Umar mengatakan keempat provokator yang ditangkap masing-masing berinisial SA (21), YA (23), G (19), dan ADD (16).

"Para tersangka mengunggah konten yang bermuatan kesusilaan dan ujaran kebencian kekerasan (tawuran) terhadap antargolongan masyarakat sehingga memicu terjadinya perkelahian antar kelompok masyarakat," ujar Hendri Umar kepada wartawan, Rabu (31/1/2024).

Hendri mejelaskan, penangkapan empat pelaku yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka berawal dari patroli siber di media sosial. Kemudian pihaknya menemukan adanya provokasi yang dilakukan pelaku media sosial seperti Instagram, X dan lainnya.

Akun-akun yang ditemukan terdeteksi melakukan provokasi dengan dengan mengucapkan kata-kata yang bersifat ajakan atau memancing kepada kelompok-kelompok tertentu.

“Perbuatan mereka ini juga ditemukan, dapat memancing kelompok-kelompok yang kita sebutkan tadi. Sehingga timbulah terjadinya bentrokan maupun tawuran khususnya di wilayah Jakarta Raya," tukasnya.

BERITA TERKAIT