test

News

Rabu, 17 Januari 2024 13:10 WIB

Hari Ini 3 Capres Cawapres Diundang KPK untuk PAKU Integritas

Editor: Fitriawan Ginting

KPU akan gelar deklarasi damai. (Foto; PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Seluruh calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) peserta Pemilu 2024 diundang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengikuti kegiatan Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (PAKU Integritas).

Disampaikan Ketua Sementara KPK Nawawi Pomalongo, format PAKU Integritas tidak seperti forum debat dan program seperti yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Melainkan masing-masing pasangan capres-cawapres akan dihadapkan pada pertanyaan seputar permasalahan korupsi dan hambatannya.

"Formatnya tidak dalam bentuk debat tadi, soal sebutan yang teman sebutkan tadi bahwa saya pernah berujar debat kusir itu cuma kelepasan saja," kata Nawawi, Rabu (17/1/2024).

Dijelaskan Nawawi, tidak ada format debat dan juga adu argumentasi dalam undangan yang mempertemukan ketiga capres dan cawapres tersebut.

“Forum itu kita maksud kan lembaga ingin menyampaikan kepada calon, problem apa saja, hambatan apa saja yang kita temukan dalam upaya pemberantasan korupsi. Tidak ada debat dan adu program" katanya.

"Apakah kelak kemudian kalau satu di antara mereka terpilih, komitmen untuk menyelesaikan persoalan yang kami sebutkan tadi. Mungkin ada 6 sampai 10 persoalan yang akan diangkat, tetapi barangkali forum ini saya nyebut satu saja gitu barangkali," lanjutnya.

Dikatakan Nawawi, kegiatan dialog PAKU Integritas yang mengundang capres-cawapres peserta Pilpres 2024 telah mendapatkan persetujuan dari KPU.

"Kita sudah mendapatkan semacam restu lah dari penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menyelenggarakan kegiatan itu karena ketiga pasangan ini, memang ada domain kekuasaan KPU. Kalau KPU bilang tidak boleh, ya tidak boleh, kita tidak bisa jalani. Kita sudah mendapatkan lampu hijau bahwa itu bisa dilaksanakan," pungkasnya.

BERITA TERKAIT