test

Kesehatan

Selasa, 16 Januari 2024 11:37 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Makan Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Belimbing wuluh memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Belimbing wuluh (belimbing sayur) atau dalam bahasa Latin disebut Averrhoe bilimbi sering kali hanya digunakan sebagai pelengkap masakan, atau sesekali dibuat manisan dengan tambahan gula.

Padahal, lebih dari itu ternyata belimbing wuluh mengandung berbagai manfaat kesehatan dan telah menjadi bahan herbal yang turun temurun sebagai bahan pengobatan tradisional.

Bukan hanya buahnya, belimbing wuluh yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain bunga dan daunnya. Beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi seperti hipertensi, batuk, sariawan, masalah perut, demam, diabetes, juga dalam mengatasi jerawat.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/1/2024), berikut manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Megontrol Kadar Gula Darah
Belimbing wuluh mengandung banyak flavonoid dan serat makanan. Kandungan tersebut bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara mendadak setelah makan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu mengelola gejala diabetes.

2. Mengatasi Hipertensi
Pemanfaatan belimbing wuluh untuk mengontrol hipertensi telah lama digunakan secara tradisional. Caranya dengan merebus belimbing wuluh, kemudian air rebusannya diminum. Dianjurkan untuk meminum ramuan tersebut setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Mengobati Wasir
Belimbing wuluh mengandung unsur antiinflamasi, yaitu tanin dan terpen. Kandungan tersebut dapat mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, suatu kondisi yang dikenal sebagai wasir.

Mengaplikasikan ekstrak buah dan daun belimbing wuluh di area yang bermasalah dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan pendarahan untuk meredakan wasir.

4. Sembuhkan Batuk dan Pilek
Kandungan vitamin C yang banyak pada belimbing wuluh, memberikan manfaat untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan tersebut dapat mengobati batuk dan pilek akibat perubahan musim dan alergi.

5. Memperkuat Kesehatan Tulang
Belimbing wuluh sarat dengan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, dan menjaga integritas struktural kerangka dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu perlu mengonsumsi buah belimbing wuluh maupun ekstraknya.

BERITA TERKAIT