test

News

Selasa, 2 Januari 2024 07:09 WIB

Pantau Lalin GT Palimanan, Kakorlantas Polri: Arus Balik Tahun Baru Lancar

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan memantau arus balik libur Tahun Baru 2024 di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan meninjau arus balik libur Tahun Baru 2024 di Pos Terpadu Operasi Lilin Lodaya 2023 Polresta Cirebon di Gerbang Tol Palimanan, Gempol, Senin (1/1/2024).

Dalam pantauannya, Aan memastikan arus kendaraan di jalur Tol Cipali dari arah Jawa Tengah menuju DKI Jakarta relatif lancar. Bahkan, pihaknya belum menerapkan rekayasa oneway di Tol Cipali, karena pergerakan kendaraan dari timur ke barat di angka 2.500 unit perjam.

"Itu angka yang tercatat pada pukul 14.00 WIB dan 15.00 WIB. Sedangkan parameter yang kami tentukan di Tol Cipali adalah saat jumlah kendaraan mencapai 2.700 unit perjam, dan akan diterapkan rekasaya arus lalu lintas," ungkap Aan Suhanan.

Kendati begitu, Kakorlantas menjelaskan pihaknya tetap memantau secara intensif arus kendaraan di jalur Tol Cipali karena pada hari ini diprediksi sebagai puncak arus balik Tahun Baru 2024.

Aan melanjutkan, arus lalu lintas di jalur arteri maupun jalur tol dipastikan relatif lancar dan tidak terjadi kepadatan arus kendaraan. Dia juga menyebut polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

"Saat ini, kami menyiapkan contraflow di jalur Tol Jakarta – Cikampek dari KM 72 – KM 47, dan diperkirakan dalam waktu satu jam ke depan mulai dimainkan," tuturnya.

"Tetapi untuk Tol Cipali belum diterapkan rekayasa karena arusnya landai, jika dipaksakan kasihan pengendara yang dari arah barat ke timur," sambungnya.

Sementara Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman yang mendampingi Kakorlantas Polri menerangkan pihaknya berkomitmen untuk mengantisipasi kemacetan di masa puncak arus balik libur Tahun Baru 2024.

“Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam menjaga kelancaran lalu lintas, terutama dalam menghadapi lonjakan arus kendaraan pada masa puncak arus balik libur Tahun Baru 2024 ini," ujar Arif Budiman.

BERITA TERKAIT