test

Suara Pemilu

Sabtu, 16 Desember 2023 11:05 WIB

KPU Tekankan Distribusi Logistik Pemilu 2024 Jangan Sampai Ada Kekurangan

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari saat mengecek surat suara. (Foto: PMJ News/Dok KPU)

PMJ NEWS - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari menekankan agar logistik Pemilu seperti surat suara jangan sampai ada kekurangan saat didistribusikan.

Pernyataan tesebut disampaikan hasyim saat melakukan meninjau lokasi gudang logistik Pemilu 2024 KPU Kota Denpasar. Dia mengecek langsung beberapa jenis surat suara sudah diterima di daerah tersebut.

“Jangan sampai, logistik Pemilu 2024 mengalami kekurangan surat suara. Tahap berikutnya, dilakukan sortir untuk memastikan bahwa surat suara akan dikemas sesuai dengan peruntukan," ungkap Hasyim dikutip dari laman resmi KPU pada Sabtu (16/12/2023).

"Di Denpasar terdapat 1.887 TPS, setelah dilakukan pelipatan, seluruh surat suara harus dipastikan berada di tempat-tempat yang sesuai," sambungnya.

Lebih lanjut Hasyim menjelaskan, setelah di sortir akan dilakukan pelipatan surat suara dan dipacking sesuai dengan alamat Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing yang berjumlah 1.887 TPS. Tujuannya, agar KPU segera mengetahui berapa kekurangannya.

"Ini menggambarkan bahwa Insya Allah Pemilu yang akan di gelar pada 14 Februari 2024 tetap berjalan sesuai dengan schedule," ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Hasyim menyebut KPU menargetkan seluruh surat suara sudah sampai ke seluruh gudang logistik KPU kabupaten/kota paling lama tanggal 11 Januari 2024.

Dalam pendistribusian logistik, Hasyim menerangkan KPU sudah dari tahun lalu memetakan daerah TPS yang masuk kategori terjauh, terpencil, terpencil, hingga terluar.

"KPU sejak tahun lalu sudah koordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk meminta dukungan baik personel, moda transportasi dan lain-lain untuk mendistribusikan logistik pemilu yang sudah di packing dalam bentuk kotak-kotak suara menuju TPS-TPS itu," tukasnya.

BERITA TERKAIT