test

Kesehatan

Senin, 11 Desember 2023 09:05 WIB

Studi: Habiskan Waktu Sendirian Bantu Ringankan Stres

Editor: Hadi Ismanto

Menghabiskan waktu sendiri bisa membantu ringankan tekanan kehidupan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Kesendirian, sering kali dianggap sebagai kesepian. Namun, sebuah penelitian baru menyebut menghabiskan waktu sendirian bukan hanya baik, tetapi dapat membantu meringankan tekanan kehidupan modern dan meningkatkan kesejahteraan.

Studi yang melibatkan 178 partisipan yang diminta untuk mencatat aktivitas harian mereka selama tiga minggu mengungkap hubungan antara kesendirian dan tingkat stres. Semakin banyak waktu yang dihabiskan sendirian tanpa kontak sosial, maka semakin rendah perasaan stres.

Para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang menghabiskan lebih banyak waktu sendirian, mereka lebih cenderung merasa bebas menjadi diri mereka sendiri dan mampu mengendalikan aktivitas sehari-hari.

Penelitian ini juga menyoroti bahwa kesendirian tidak selalu positif, terutama jika seseorang merasa lebih kesepian pada hari-hari ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu sendirian daripada biasanya.

Profesor dari University of Reading, Netta Weinstein, yang memimpin penelitian ini, mengatakan kesendirian bisa menghadirkan ketenangan karena memberikan kontrol yang lebih besar atas kegiatan dan waktu seseorang tanpa tekanan untuk menyenangkan orang lain. Meskipun interaksi sosial sangat bermanfaat, terlalu banyak interaksi bisa memberikan tekanan.

"Jadi kesendirian dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menyeimbangkan waktu yang kita habiskan untuk bersosialisasi, dan meningkatkan kesejahteraan," jelas Weinstein seperto dikutip dari laman Daily Mail, Senin (11/12/2023).

Studi ini juga mencari tahu apakah ada jumlah jam kesendirian yang bisa berdampak buruk pada kesejahteraan seseorang. Hasilnya mengejutkan para peneliti karena tidak ada 'titik kritis' yang ditemukan. Faktanya, tingkat stres cenderung lebih rendah saat seseorang menghabiskan lebih banyak waktu sendirian.

Peneliti menyimpulkan bahwa kesendirian hanya memiliki dampak negatif pada kesejahteraan jika seseorang merasakan kesepian tanpa keinginan atau jika mereka menghabiskan lebih banyak waktu sendirian daripada biasanya. Ketika individu memilih untuk menyendiri, dampak negatifnya berkurang, sehingga mereka mengalami sedikit rasa kesepian.

Temuan ini menantang stereotip bahwa individu yang sering sendirian dianggap sebagai orang yang kesepian. Penelitian ini menekankan bahwa menyendiri bukanlah sesuatu yang negatif, terutama jika itu adalah pilihan yang disadari dan dinikmati oleh individu.

BERITA TERKAIT