test

News

Sabtu, 25 November 2023 16:06 WIB

Berpakaian Ala Tentara, Penipu Modus Janjian Beli HP Ditangkap Polisi

Editor: Hadi Ismanto

Polisi menangkap seorang pelaku penipuan ponsel di RS Kesdam, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polisi menangkap seorang pelaku penipuan ponsel di RS Kesdam, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Saat menjalankan aksinya, pria berinisial KNP (41) memakai pakaian mirip tentara.

Kapolsek Pasar Rebo, Kompol Haris mengatakan modus penipuan yang dilakukan tersangka KNP berawal ketika pelaku melihat postingan di Facebook terkait penjualan handphone. Kemudian terjadi komunikasi antara pelaku dan korban melalui WhatsApp.

"Pelaku pada saat melakukan penipuan menggunakan nama palsu dan menggunakan pakaian berupa kaos hijau dan celana panjang hijau seperti pakaian yang dipakai tentara," ungkap Haris dikutip pada Jumat (24/11/2023).

Menutut Haris, pelaku mengenakan pakaian tentara untuk meyakinkan korbannya. Setelah HP tersebut berada di tangan pelaku, kemudian berpura-pura mengecas ponselnya.

"Pelaku beralasan untuk mengecas handphone yang akan dibelinya, sambil menunggu korban lengah dan ketika korban lengah pelaku pergi melarikan diri," tuturnya.

Merasa tertipu oleh pelaku, lanjut Haris, korban MF (22) kemudian melaporkan kejadian yang menimpa dirinya ke Mapolsek Pasar Rebo. Polisi pun langsung melakukan pengejaran.

"Pelaku ditangkap setelah korban melapor. Pelaku dijerat Pasal 378 KUHP, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara," ujarnya.

BERITA TERKAIT