test

News

Jumat, 17 November 2023 09:05 WIB

Bikin Parodi Pakai Logo Indosiar, Konten Kreator Dipolisikan

Editor: Hadi Ismanto

Polres Metro Jakarta Barat menggelar pengungkapan kasus ITE. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Satuan Reserse Kriminal Khusus Polres Metro Jakarta Barat mengungkap kasus tindak pidana ITE dan tindak pidana penyalahgunaan merek televisi nasional yang disebarluaskan melalui media sosial.

Kasus itu terungkap setelah PT Indosiar Visual Mandiri mengambil langkah hukum dengan melaporkan Vicky Kalea, pemilik akun TikTok @vicky_kalea, ke Polres Metro Jakarta Barat.

Tindakan ini dilakukan karena Vicky membuat parodi program Pintu Berkah Indosiar berjudul 'Jasa Bikin Anak Keliling'. Dalam video tersebut, Vicky dan istri menyematkan logo Indosiar di sisi kiri tanpa seizin perusahaan.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan video ini juga membuat pengikut akun @vicky_kalea bertambah sebanyak 55 ribu. Video ini ditonton sebanyak 19 juta penayangan.

Menurut Syaduddi, kejadian ini terungkap ketika seorang karyawan PT Indosiar Visual Mandiri berinisial KAB menemukan parodi tersebut di TikTok pada Selasa, 4 Juli 2023.

"Membuat dan menyebarluaskan konten video 'Jasa Bikin Anak Keliling' dengan menggunakan logo Indosiar," kata Syahduddi dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (16/11/2023).

Selanjutnya, Syahduddi mengatakan saat ini pihak Indosiar bersama terlapor content creator berinisial VH alias VK masih dalam tahap mediasi.

"Dengan adanya upaya permohonan untuk dimediasi oleh terlapor kepada Polres Metro Jakarta Barat, maka para pihak akan dimediasi untuk menghasilkan atau mencapai keadilan restorative," ucapnya.

BERITA TERKAIT