test

News

Sabtu, 4 November 2023 13:31 WIB

Polda Metro Gelar Apel Swakarsa Potmas-Ormas Pengamanan Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto memimpin apel besar pengamanan swakarsa, potensi masyarakat dan ormas pengamanan pemilu 2024. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya menggelar apel besar pengamanan swakarsa, potensi masyarakat (Potmas) dan organisasi kemasyarakatan (ormas) dalam rangka pengamanan pemilu 2024.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto yang memimpin apel mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyampaikan apel diikuti 919 peserta di antaranya Bhabinkamtibmas, sekuriti pria dan wanita, hingga satkamling dan ormas.

"Apel pagi pada hari ini dilaksanakan untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pengamanan swakarsa guna menjamin keamanan yang kondusif," ujar Suyudi dalam sambutannya di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Sabtu (4/11/2023).

Suyudi menuturkan, peran masyarakat sangat penting demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dengan meningkatkan sinergitas warga dan Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan pengamanan swakarsa yang rutin dan intensif di tengah keterbatasan personel.

"Hal ini juga sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem, mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan yang mandiri, keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif, tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat, karena pada dasarnya Polri tidak dapat berdiri sendiri, tentunya dalam menjaga situasi Kamtibmas tanpa bantuan dari stakeholder terkait,” paparnya.

Suyudi mengatakan, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan, terlebih dengan peranan Satkamling memelihara Kamtibmas dalam menghadapi agenda nasional, yakni Pemilu 2024.

"Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling sistem di lingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan maupun perselisihan hanya karena berbeda pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga para peserta yang hadir dari berbagai ormas membacakan Deklarasi Pemilu Damai yang berisi:

1. Siap melaksanakan pemilu tahun 2024, yang damai dan sejuk untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

2. Siap mematuhi dan menaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan Undang-Undang hukum.

3. Siap menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan mengundang provokatif, menghasut, ujaran kebencian, serta menggunakan isi SARA dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

4.Siap menciptakan situasi dan kondisi tetap sejuk di wilayah DKI Jakarta serta terus bersinergi dengan TNI Polri dalam upaya menjaga stabilitas keamanan.

BERITA TERKAIT