test

News

Kamis, 26 Oktober 2023 10:24 WIB

Identifikasi Awal Temuan Tengkorak di Jaktim: Laki-laki Paruh Baya

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Ilustrasi penemuan mayat. (Foto: PMJ News/Hadi).

PMJ NEWS - Pihak Rumah Sakit Polri Kramat Jati menyampaikan perkembangan terbaru terkait penemuan tengkorak dan kerangka tulang di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepala RS Polri Kramat Jati Brigjen Pol Hariyanto mengatakan pihaknya mengidentifikasi temuan tengkorak yang diduga berjenis kelamin laki-laki dengan usia kisaran paruh baya.

“Benar kerangka manusia. Jenis kelamin laki-laki. Dari garis kepala (sutura) umur antara 44-65 tahun,” ujar Hariyanto kepada wartawan, Kamis (26/10/2023).

Adapun jenis tulang-tulang yang ditemukan dalam hal tersebut yakni tulang rahang, tulang leher, tulang lengan atas kanan-kiri dan tulang selangka kanan.

Kendati demikian ia belum bisa menyampaikan lebih jauh lagi dikarenakan pihaknya belum menerima adanya data pembanding untuk proses identifikasi lebih lanjut.

“Masih proses identifikasi dan pemeriksaan menunggu data-data tambahan untuk melengkapi,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, tengkorak manusia terbungkus kaos ditemukan di selokan depan Kavling DKI Jalan Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (23/10/2023). Tengkorak manusia terdiri dari kepala dan tiga tulang bagian tangan.

Polisi saat ini telah mengevakuasi temuan tersebut ke Rumah Sakit Polri demi dilakukannya identifikasi dan divisum guna mengetahui dugaan penyebab kematian.

Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit, AKP Indra Darmawan mengatakan temuan tersebut terdiri dari satu tengkorak kepala manusia dan tiga bagian tulang belulang yang belum diketahui jenisnya.

“Saat ini temuan satu tengkorak kepala manusia dan tiga bagian tulang tersebut dievakuasi ke Rumah Sakit Polri,” ujar Indra di lokasi, Senin (23/10/2023).

“Nanti di RS Polri akan dilakukan visum guna dilakukan identifikasi dugaan identitas maupun penyebab kematiannya,” sambungnya.

Indra menyampaikan, saat ini pihaknya belum bisa memastikan jenis anggota tubuh dari temuan tulang belulang tersebut. Menurut dia, temuan itu perlu dipastikan melalui uji saintifik oleh tim forensik RS Polri.

“Untuk yang terlihat, ada satu tengkorak kepala dan tiga tulang tadi. Tapi yang baru jelas hanya satu itu, tulang tengkorak kepala,” katanya.

Selain itu, lanjut Indra, polisi juga mengamankan satu potong baju berbentuk kaos. Dia menyebut baju tersebut diamankan karena ditemukan sebagai alat pembungkus rangkaian tulang belulang tersebut.

“Kita juga mengamankan satu baju tadi, karena dari pihak yang menemukan yaitu Petugas SDA (Sumber Daya Air), tulang tengkorak itu dibungkus baju tersebut,” tandasnya.

BERITA TERKAIT