test

News

Jumat, 13 Oktober 2023 16:23 WIB

Kemlu: 133 WNI di Palestina dan Israel, Hanya 4 Orang Mau Dievakuasi

Editor: Ferro Maulana

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha saat konferensi pers di Bareskrim Polri. (Foto: PMJ News/

PMJ NEWS -  Kementerian Luar Negeri mengungkapkan dari 133 WNI yang tinggal di Palestina dan Israel, hanya 4 orang yang mau dievakuasi.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha menjelaksan 129 WNI lainnya mungkin untuk saat ini masih merasa aman dengan tempat tinggalnya. 

"Berdasarkan informasi terakhir dari 133 tersebut hanya 4 yang ingin meninggalkan wilayah. Karena mungkin merasa aman," ujarnya di Kemlu RI, Jumat (13/10/2023). 

Ia memastikan tugas negara yaitu melindungi warga negaranya dan tidak dapat memaksa untuk melakukan evakuasi

"Sekali lagi perlu kami tegaskan bahwa tugas negara adalah mengamankan melindungi warga negara kita dari wilayah bahaya ke wilayah aman sesuai UU 37 Tahun 1999 mengenai hubungan luar negeri namun sifatnya adalah by concern,” ujarnya.

“Kami tidak bisa memaksa, pilihan terakhir dipulangkan kepada masing-masing WNI. Tugas kami adalah memberikan informasi mengenai assessment situasi keamanan termasuk kondisi ke depan namun pilihan dipulangkan tergantung masing-masing," sambungnya.

Masih dari keterangannya, dari 133 WNI itu, pemerintah RI sudah melakukan zoom meeting untuk memantau kondisi WNI di sana dan menyampaikan kondisi yang terjadi di negara yang bersitegang tersebut.

BERITA TERKAIT