test

News

Senin, 6 Juli 2020 20:01 WIB

Patuhi Resousi PBB, Palestina Siap Beruding dengan Israel

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas (Foto: Dok Net)

PMJ - Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan kesiapannya untuk bernegosiasi dengan Israel berdasarkan resolusi PBB dan di bawah naungan Kuartet Internasional.

Abbas menyampaikan sikapnya tersebut kepada kanselir Jerman Angela Merkel melalui telepon, pada Minggu (5/7). Keduanya membahas perkembangan politik terbaru di wilayah itu, khususnya rencana Israel untuk mencaplok wilayah pendudukan Palestina.

"Presiden Abbas mengucapkan selamat kepada Kanselir Angela Merkel atas terpilihnya Jerman sebagai presiden Dewan Eropa dan Dewan Keamanan PBB," sebut kantor berita WAFA seperti dilansir laman .

"Presiden juga berterima kasih kepada Jerman karena mendukung hukum internasional dan resolusi PBB, terutama yang berkaitan dengan pencaplokan wilayah pendudukan secara paksa," sambung pernyataan itu.

Kuartet Timur Tengah yang didirikan pada 2002 terdiri dari Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa, dan PBB. Mandat mereka adalah membantu mediasi negosiasi perdamaian Timur Tengah dan untuk mendukung pembangunan ekonomi Palestina.

Awal tahun ini, Presiden AS Donald Trump merilis "rencana perdamaian" untuk mengakhiri pertikaian Israel-Palestina. Selama acara tersebut, Trump menyebut Yerusalem sebagai "ibu kota Israel yang utuh dan tak terbagi".

BERITA TERKAIT