test

Fokus

Sabtu, 23 September 2023 19:28 WIB

Operasi Zebra 2023, Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi Operasi Zebra. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Pihak kepolisian menjaring  sebanyak 941 pengendara motor  di wilayah Jakarta Selatan selama hampir sepekan Operasi Zebra 2023. Kegiatan tersebut sebagai langkah meningkatkan disiplin berlalu lintas.

"Sebanyak 941 pengendara motor terjaring dengan rincian 885 teguran simpatik dan 56 penindakan dengan tilang elektronik (E-TLE)," terang Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Ade Ary kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu, 23 September 2023.

Menurut Ade, upaya lain juga dilakukan dengan sosialisasi sebanyak 753 dan pemasangan spanduk serta penyebaran pamflet sebanyak 1.165 buah.

Dengan adanya operasi ini, diharapkan angka kecelakaan yang bisa menyebabkan kematian materi maupun jiwa bisa dihindari.

Gelar pasukan untuk Operasi Zebra 2023. (Foto: PMJ/Fajar).
Gelar pasukan untuk Operasi Zebra 2023. (Foto: PMJ/Fajar).

"Semua berawal dari diri sendiri yaitu disiplin dan tertib berlalu lintas," ucap Ade.

Ade melanjutkan, sisa waktu pelaksanaan operasi akan dimanfaatkan untuk lebih mengedepankan edukasi dan peningkatan literasi masyarakat.

Dirinya mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengubah pola pikir dan perilaku yang selama ini keliru seperti mementingkan diri sendiri dan mengabaikan keselamatan orang lain.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel dalam Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Jaya 2023 selama 14 hari di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Satlantas Polres Jakbar sosialisasi dan edukasi dalam Operasi Zebra. (Foto: PMJ News)
Satlantas Polres Jakbar sosialisasi dan edukasi dalam Operasi Zebra. (Foto: PMJ News)

Operasi Zebra Jaya 2023 melibatkan 2.939 personel, terdiri dari 1.349 personel Satgasda (Satuan Tugas Daerah) dan 1.590 Satgasres (Satuan Tugas Polres). Operasi Zebra Jaya  dilaksanakan selama 14 hari.

Angka Pengendara Motor Lawan Arah Alami Penurunan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengklaim angka pelanggaran dari pengendara motor yang melawan arah menurun saat Operasi Zebra Jaya 2023.

“Alhamdulillah agak menurun. Mudah-mudahan ini bisa seterusnya, bukan hanya saat Operasi Zebra dilakukan,” ujar Latif dalam keterangannya.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto pimpin upacara Operasi Zebra 2023. (Foto: PMJ/Fajar).
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto pimpin upacara Operasi Zebra 2023. (Foto: PMJ/Fajar).

Lebih lanjut, Latif mengatakan bahwa pihaknya menempatkan personelnya di sejumlah titik yang rawan pelanggaran melawan arah

Salah satu titik rawan yaitu di Jalan Raya Lenteng Agung yang sempat terjadi kecelakaan 7 pemotor lawan arah menabrak truk.

“Sehingga beberapa tempat seperti di Lenteng Agung kita tidak berada di tempat (pelanggaran), tapi berada di depan sehingga orang tidak melawan arus,” kata Latif.

Selain itu, Latif menambahkan pihaknya juga gencar untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai tertib berlalu lintas untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain.

“Alhamdulillah kita melakukan sosialisasi terus, jadi tempat tempat itu kita tidak menghadang, tetapi kita mencegah, itu paling banyak,” tuturnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol latif Usman saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol latif Usman saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

“Diharapkan 3 sasaran khususnya dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, ketertiban lalu lintas dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas betul-betul sampai akhir operasi nanti bisa kita laksanakan di jajaran Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Lebih Banyak Teguran

Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar kegiatan Operasi Zebra Jaya 2023 selama 14 hari mulai hari Senin (18/9/2023) hingga tanggal 1 Oktober 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan pihaknya selain melakukan penindakan dengan tilang, juga melakukan teguran terhadap para pelanggar lalu lintas.

"Kegiatan-kegiatan lain selain kegiatan penindakan secara ETLE, kita (juga) gencar melakukan penindakan seluruh pelanggaran,” ujar Latif kepada wartawan, Kamis (21/9/2023).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman.

"Terekam ada 2.560 pelanggaran, itu kita masih melakukan teguran,” imbuhnya.

Catatan angka untuk peneguran tersebut jauh lebih tinggi dari pada angka penindakan dengan tilang yang tercatat baru ratusan pelanggar.

Adapun catatan pelanggaran yang dilakukan tilang selama dua hari pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2023 pada Senin (18/9/2023) dan Selasa (19/9/2023), tercatat 341 pelanggaran yang ditilang secara elektronik.

“Pelanggaran yang paling banyak yang tadi saya sampaikan, terkena e-TLE statis dan e-TLE mobile yaitu 360 pelanggaran, itu memang rata-rata kebanyakan seatbelt, penggunaan hp, dan ada beberapa yang terkena ganjil gena,” paparnya.

Sementara untuk Penindakan dengan tilang secara manual akan dilakukan terhadap pelanggaran yang melawan arus di jalanan, yang mana dalam Operasi Zebra Jaya 2023 menjadi fokus utama.

"Ada beberapa yang memang kalau sudah, berakibat daripada kecelakaan apalagi melawan arus ya kita melakukan penilangan. Penilangan melawan arus melakukan manual,” ucapnya.

"Kebanyakan kita himbauan yaitu sekitar 2.600 sekian tadi. Tapi kalau yang melawan arus apa boleh buat kalau memang masih, karena melawan arus sangat membahayakan kita lakukan penilangan secara manual,” jelasnya.

BERITA TERKAIT