test

News

Rabu, 13 September 2023 17:44 WIB

Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi: 350 KM Per Jam Tidak Terasa

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi bersama Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: PMJ News/Twitter @erickthohir)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Statiun Halim Jakarta menuju Statiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023). Kepala Negara didampingi sejumlah menteri dan artis.

Menurut Jokowi, ini kali pertamanya mencoba kereta cepat dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Dia mengaku merasa nyaman saat menaiki kereta cepat dengan kecepatan yang tinggi. Jokowi menyebut KCJB yang memiliki kecepatan tinggi merupakan peradaban bagi Indonesia.

"Saya empat kali datang ke proyeknya kereta cepat, tapi memang baru pertama kali tadi mencoba," ujar Jokowi di Statiun Padalarang Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

"Nyaman, dan pada kecepatan tadi 350 (kilometer per jam) tidak terasa sama sekali baik saat duduk maupun saat saya berjalan. Sehingga, ya ini lah peradaban. Kecepatan, kecepatan," sambungnya.

Jokowi berharap kereta cepat dapat diresmikan pada awal Oktober 2023. Nantinya, masyarakat dapat memanfaatkan kereta cepat sebagai mobilitas untuk mengurangi kemacetan dan polusi.

"Jadi kita harapkan masyarakat bisa menggunakan kereta cepat ini nanti mulai awal Oktober dan kita harapkan ada perpindahan dari penggunaan mobil pribadi ke kereta cepat, ke LRT, ke MRT, ke Transjakarta sehingga kemacetan di jalan jadi dikurangi, polusi bisa dikurang," ungkapnya.

BERITA TERKAIT