test

News

Minggu, 3 September 2023 17:33 WIB

KPK: Penyelidikan Dana Operasional Lukas Enembe Sudah Tahap Akhir

Editor: Hadi Ismanto

Gubernur Papua nonaktif, Lukas enembe yang terlibat dugaan suap dan gratifikasi. (Foto: PMJ News/Twitter)

PMJ NEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih melakukan penyelidikan dugaan korupsi dalam dana operasional Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe yang mencapai Rp1 triliun dalam satu tahun.

"(Dugaan korupsi dalam dana operasional Lukas Enembe) masih dalam proses penyelidikan, tetapi sudah tahap-tahap akhir," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu (3/9/2023).

Dalam waktu dekat, lanjut Ali, KPK akan menggelar ekspose untuk menentukan ada tidaknya pidana dalam dana operasional tersebut. Dia menyebut akan mengumumkannya saat proses penyelidikan usai.

"Nanti pasti kami akan sampaikan ketika seluruh prosesnya sudah selesai," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan dana operasional Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe mencapai lebih dari Rp1 triliun.

"Dari tahun 2019 sampai 2022 itu yang bersangkutan itu setiap tahun, dana operasional yang bersangkutan itu Rp1 triliun lebih," ujar Alex, Senin (26/6/2023) lalu.

Alex menambahkan, uang tersebut paling banyak dibelanjakan makanan dan minuman. Menurut Alex, jika dikalkulasikan dalam satu hari Lukas bisa menghabiskan uang Rp1 miliar untuk belanja makan dan minum.

BERITA TERKAIT