test

News

Senin, 21 Agustus 2023 11:01 WIB

Buka Acara AMMTC Ke-17, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Berkolaborasi

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Presiden Joko Widodo. (Foto: PMJ/Tangkapan Layar Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kolaborasi antar negara dalam memberantas berbagai macam kejahatan transnasional di kawasan negara Asia Tenggara (ASEAN).

Hal tersebut disampaikannya melalui video saat membuka acara ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hari ini Senin (21/8/2023).

“Kita perlu membangun kolaborasi berkelanjutan, melakukan pertukaran informasi, memanfaatkan teknologi serta meningkatkan kapasitas dan profesionalitas aparat,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Senin (21/8/2023).

Jokowi menyampaikan perlunya negara-negara ASEAN untuk selalu siap menghadapi tantangan dalam memberantas kejahatan transnasional di tengah dinamika global.

“ASEAN harus selalu siap menghadapi tantangan termasuk tantangan terkait pemberantasan kejahatan transnational, yang menjadi ancaman serius bagi keamanan dan stabilitas kawasan,” kata Jokowi.

Adapun contoh kejahatan transnasional yang perlu diperhatikan dan ditangani seiring dengan perkembangan teknologi yaitu seperti terorisme, perdagangan orang, dan juga narkotika.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini, kejahatan lintas negara berkembang semakin masif dengan cara-cara yang semakin kompleks, sehingga penanganannya juga harus semakin adaptif,” ucapnya.

“Saya berharap dalam pertemuan ini, dapat dirumuskan agenda kerja sama yang responsif yang berisi langkah-langkah strategis sehingga dapat menjaga kawasan ASEAN yang aman, yang damai dan sejahtera,” jelasnya.

BERITA TERKAIT