test

Suara Pemilu

Jumat, 18 Agustus 2023 12:42 WIB

Bawaslu Minta Anggota Provinsi Awasi Tahapan Pemilu di Kabupaten-Kota

Editor: Hadi Ismanto

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberikan sambutan. (Foto: PMJ News/Dok Bawaslu)

PMJ NEWS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meminta pejabat provinsi untuk melaksanakan tugas tahapan pengawasan penyelenggaraan pemilu di kabupaten/kota untuk sementara waktu.

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan dengan begitu dipastikan tidak ada kekosongan jabatan di daerah sampai dengan dilantiknya anggota tingkat Kabupaten/Kota.

"Bawaslu memerintahkan Bawaslu provinsi di seluruh Indonesia melaksanakan tugas tahapan pengawasan penyelenggaraan pemilu Bawaslu kabupaten/kota untuk sementara waktu," ungkap Herwyn JH Malonda dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Perintah itu diputuskan lantaran anggota Bawaslu kabupaten/kota di 514 kabupaten/kota masa jabatan 2018-2023 telah berakhir. Herwyn menyebut perlu adanya penugasan sementara untuk mengisi kekosongan.

Perintah itu tertuang dalam Surat Ketua Bawaslu RI Nomor 565/KP.05/K1/08/2023 tentang Pengambilalihan Tugas dan Wewenang Bawaslu/Panwaslih Kabupaten/Kota yang terbit pada 15 Agustus 2023.

"Berdasarkan surat tersebut, tugas pengawasan pemilu di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan oleh masing-masing Bawaslu provinsi di wilayahnya sampai dilantiknya anggota Bawaslu/Panwaslih kabupaten/kota periode 2023-2028," terangnya.

"Kami berharap (anggota Bawaslu) bersemangat, tetap berinovasi melaksanakan tugas-tugas ke depan," imbuhnya.

BERITA TERKAIT