test

News

Rabu, 16 Agustus 2023 09:06 WIB

Terduga Teroris Karyawan KAI, Wapres Minta Seleksi Pegawai BUMN Diperketat

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setwapres)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin menyoroti soal penangkapan karyawan PT KAI berinisial DE (28) oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Bekasi Utara, Jawa Barat.

Terkait penangkapan tersebut, Wapres Ma'ruf Amin meminta agar poses seleksi penerimaan pegawai pemerintahan dan BUMN lebih diperketat.

"Seleksi masuk menjadi pegawai pemerintah atau BUMN atau lembaga itu harus betul-betul dilakukan seleksi," ujar Ma'ruf Amin ditemui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/8/2023).

"Salah satunya ketika dia masuk menjadi pegawai ini diskrining betul supaya memang harus dipastikan tidak terpapar," sambungnya.

Ma'ruf menilai penangkapan terhadap karyawan PT KAI ini menunjukkan terjadi kebobolan dalam sistem rekrutmen pegawai BUMN. Dia berharap kejadian serupa tak terulang.

Kendati begitu, Wapres mengaku bersyukur Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dapat mendeteksi pergerakan teroris dengan inisial DE itu. Sehingga, tidak terjadi tindakan teror.

"Tapi syukur akhirnya dapat terdeteksi sehingga belum terlalu jauh untuk melakukan tindakan-tindakan destruktif sehingga bisa (ditangkap). Terima kasih kepada pihak keamanan yang bisa bertindak secara cepat mengetahui adanya teroris," tuturnya.

Menurut Ma'ruf, pemerintah telah mempunyai strategi untuk penanggulangan terorisme di Indonesia. "Pertama itu kontraradikalisasi yang terus dilakukan kemudian deradikalisasi," tukasnya.

BERITA TERKAIT