test

News

Senin, 14 Agustus 2023 18:42 WIB

Menteri LHK: Penyebab Pencemaran Udara Berasal dari Kendaraan

Editor: Ferro Maulana

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. (Foto: IPB)

PMJ NEWS -  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan, bahwa penyebab utama pencemaran udara di Tanah Air berasal dari kendaraan bermotor.

Hal tersebut dijelaskan setelah Rapat Terbatas (ratas) bersama dengan Presiden Joko Widodo berkenaan Peningkatan Kualitas Udara Kawasan Jabodetabek di Istana Negara, Senin (14/8/2023).

“Catatan kami per 2022 itu ada 24,5 juta kendaraan bermotor dan 19,2 juta lebih itu sepeda motor,” terangnya, di kantor presiden, Senin (14/8/2023).

Mesnki begitu, Siti mengaku mendapat arahan dari Jokowi untuk tetap melakukan pengecekan dan evaluasi terhadap sumbangsih industri terhadap kualitas udara di wilayah Jabodetabek.

Menurutnya, ke depan akan dirumuskan standar-standar yang harus dikeluarkan berkenaan standarisasi cerobong industri.

Selain itu, politisi dari NasDem itu juga angkat bicara terkait dengan pencemaran udara yang disebabkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Ia memastikan dugaan polusi udara disebabkan oleh PLTU Suralaya kurang tepat.

“Hasil analisis uapnya itu pencemarannya dia bergeraknya tidak ke arah Jakarta tetapi asapnya ke arah Selat Sunda, tetapi memang ada pembangkit individual kecil yang tersebar dan arahan Bapak Presiden untuk didalami,” ujarnya.

“Jadi, batu bara yang berpengaruh ke Jakarta tidak sampai satu persen,” tandasnya.

BERITA TERKAIT