test

News

Senin, 17 Juli 2023 14:40 WIB

337 Juta Data Ditjen Dukcapil Kemendagri Diduga Bocor

Editor: Ferro Maulana

Kebocoran data. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ NEWS -  Kurang lebih 337 juta data Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri diduga bocor.

Adapun data itu berisi nama, nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), dan juga nomor akta lahir dan nikah.

Dugaan kebocoran data Dukcapil tersebut diungkapkan oleh pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto melalui akun Twitter miliknya @secgron, Minggu (16/7/2023) malam.

Sementara itu, ratusan juta data itu disebut dijual di forum peretas, BreachForum.

Merespon hal tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi mematikan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Terkait dengan kasus dugaan kebocoran database dukcapil yang ada di breachforums, kami Ditjen Dukcapil Kemendagri bersama-sama dengan BSSN dan Kemenkominfo serta stakeholder terkait telah melaksanakan dua agenda kegiatan. Yakni audit investigasi, dan mitigasi preventif,” terang Teguh dalam siaran persnya, Senin (17/7/2023).

Di kesempatan yang sama, Teguh menegaskan audit investigasi dan mitigasi preventif sudah dijalankan sejak kabar beredar dan sampai saat ini masih berproses secara cepat.

Menurutnya, data yang diduga bocor itu tidak sama dengan data kependudukan di Dukcapil.

“Untuk sementara, yang bisa kami informasikan adalah bahwa data yang ada di breachforums dilihat dari format elemen datanya tidak sama dengan yang terdapat di database kependudukan existing Ditjen Dukcapil saat ini,” tandasnya.

BERITA TERKAIT