test

News

Minggu, 4 Juni 2023 19:08 WIB

Hari Raya Waisak, Wamenag Ajak Umat Buddha Junjung Tinggi Toleransi

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi di acara Puncak Peringatan Hari Tri Suci Waisak 2567BE/2023 di Candi Borobudur. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi mengajak seluruh umat Buddha untuk menjunjung tinggi sikap toleransi, baik dalam internal maupun antarumat beragama.

Pernyataan tersebut disampaikan Wamenag Zainut di acara Puncak Peringatan Hari Tri Suci Waisak 2567BE/2023 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023).

Menurut Zainut, menjunjung tinggi toleransi sangat penting mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk dengan beragam suku, agama, dan ras.

"Sebagai negara yang majemuk, bangsa Indonesia dituntut untuk memiliki rasa toleransi yang sangat tinggi demi menjaga perdamaian serta keutuhan Bangsa Indonesia," ungkap Zainut Tauhid Sa'adi.

Lebih lanjut Wamenag menjelaskan, toleransi merupakan suatu sikap terbuka untuk menerima, mendengar pendapat orang lain yang berbeda. Dia menyakini toleransi tak merusak keyakinan seseorang.

"Toleransi tidak akan pernah merusak keyakinan. Kita meyakini yang menurut kita benar, tapi kita menghormati keyakinan saudara kita yang lain," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Wamenag juga mengajak umat Buddha untuk turut serta memberikan kontribusi dan mendukung program-program pemerintah.

"Paling utama saya berpesan untuk selalu menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama. Termasuk hubungannya dengan negara dan masyarakat luas," ungkap Wamenag.

"Senantiasa mempraktikkan Dharma dengan baik dan benar dalam keseharian. Dengan demikian akan terwujud kedamaian di Negara RI tercinta ini," lanjutnya.

Dalam momentum ini, Wamenag atas nama Kementerian Agama tidak lupa mengucapkan memperingati Hari Tri Suci Waisak 2567BE/2023.

"Semoga berkah Waisak senantiasa menyertai kita semua," tandasnya.

BERITA TERKAIT