test

News

Jumat, 25 Juni 2021 09:07 WIB

Wamenag: 26 Asrama Haji Disiapkan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenag).

PMJ NEWS - Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi menyampaikan sebanyak 26 asrama haji di seluruh Indonesia telah disiapkan sebagai ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan saat meninjau Asrama Haji Pondok Gede. Dalam tinjauannya, Wamenag melihat beberapa ruangan di asrama tersebut untuk disulap menjadi ruang perawatan pasien Covid-19.

"Ada sebanyak 3.465 kamar yang siap digunakan untuk pasien Covid-19. Kira-kira dapat menampung sebanyak 10 ribu-an orang," ujar Wamenag Zainut, Kamis (24/6/2021).

Zainut mengatakan, ada tiga gedung asrama haji Pondok Gede yang telah disiapkan. Tiga gedung itu bisa menampung 556 pasien Covid-19. Pertama yakni Gedung A sebanyak 44 kamar dan dapat menampung 172 orang.

Kemudian Gedung B sebanyak 36 kamar dapat menampung 144 orang, dan Gedung C sebanyak 24 kamar dapat menampung 240 orang.

"Saya ke sini untuk memastikan kesiapan Asrama Haji Pondok Gede menampung pasien Covid-19, sesuai arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas," tuturnya.

Selain kesiapan asrama, Wamenag menyebut pentingnya komunikasi dan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan setempat. Sebab, Kemenag hanya menyediakan kamar asrama sebagai ruang isolasi.

"Sementara tenaga medis, obat-obatan, tenaga pengaman dan konsumsi diserahkan kepada Pemda dan Dinas Kesehatan masing-masing," tukasnya.

BERITA TERKAIT