test

News

Jumat, 19 Mei 2023 22:01 WIB

Para Pemimpin Negara G7 Gelar Pertemuan Puncak Tahunan di Hiroshima

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi menjadi tamu penting di pertemuan G7. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Pemimpin- pemimpin negara G7 bertemu dalam pertemuan puncak tahunan di Kota Hiroshima, Jepang, mulai dari 19-21 Mei 2023.

Untuk diketahui, G7 merupakan kelompok dari negara-negara demokrasi industri terkemuka tanpa sekretariat permanen atau status hukum, yang terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat (AS). 

Grup tersebut didirikan pasca krisis minyak 1973  sebagai forum bagi negara-negara terkaya untuk membahas masalah ekonomi global.

Adapun sejumlah negaranya mempunyai gabungan produk domestik bruto (PDB) tahunan sebesar US$40 triliun atau Rp597.076 triliun hanya di bawah setengah ekonomi dunia.

Sebelumnya, Rusia bergabung untuk membentuk G8 pada 1998, namun sayang diusir setelah pencaplokan Krimea oleh Moskow pada 2014.

Sementara itu, kepresidenan KTT G7 berkisar antara 7 anggota negara dan tahun ini giliran Jepang menjadi tuan rumah. Pada 2024, KTT akan diketuai Italia.

Dua perwakilan Uni Eropa (UE) juga bergabung, dan sudah menjadi kebiasaan dalam beberapa tahun terakhir bagi para pemimpin dari beberapa negara non-G7 dan organisasi internasional untuk ambil bagian dalam beberapa sesi.

Para pemimpin Australia, Brasil, Komoro (ketua Uni Afrika), Kepulauan Cook (ketua Forum Kepulauan Pasifik), India (presiden G20), Indonesia (Ketua ASEAN), Korea Selatan dan Vietnam diundang pada tahun ini. 

Adapun itu mencerminkan penekanan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida tentang pentingnya menjangkau negara-negara berkembang, serta sekutu dan mitra AS.

Para pemimpin Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Badan Energi Internasional, Dana Moneter Internasional, Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Perdagangan Dunia juga ada dalam daftar tamu.

BERITA TERKAIT