test

Kesehatan

Senin, 1 Mei 2023 10:42 WIB

Tak Hanya Enak, Ini Lima Manfaat Makan Apel Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Buah apel mengandung beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Hampir semua orang mungkin pernah makan buah apel. Selain memiliki rasa yang enak dan segar, buah yang bisa dibeli di pasar tradisional maupun swalayan ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah apel mengandung beragam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium. Selain itu, buah ini tidak memiliki kandungan lemak dan kaya serat jadi aman untuk diet dan usus.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (1/5/2023), berikut sederet manfaat mengonsumsi buah apel bagi kesehatan, baik dimakan langsung atau dibikin jus.

1. Menetralisir Kadar Gula Darah
Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Karenanya, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

2. Menurunkan Kolesterol
Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari, hal itu dipercaya dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15 persen.

Bahkan buah apel ini mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh karena mimiliki kandungan serat tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri.

Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

4. Menjaga Kesehatan Otak
Apel mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel juga diketahui mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan stroke.

5. Kurangi Resiko Osteoporosis
Kandungan flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos.

BERITA TERKAIT