test

News

Jumat, 28 April 2023 09:06 WIB

Moeldoko: TNI-Polri Bakal Tindak Tegas Kelompok Separatis di Papua

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Staf Presiden, Moeldoko. (Foto: PMJ News/Dok KSP)

PMJ NEWS - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyatakan TNI-Polri akan melakukan tindakan lebih tegas kepada kelompok separatis teroris (KST) di Papua.

"Terkait dengan kedaulatan, saya ingin mengingatkan pada kelompok separatis (yang) telah melakukan pelanggaran HAM pada masyarakat sipil, perempuan, kepada anak-anak, bentuknya pembunuhan dan pemerkosaan," ungkap Moeldoko dalam rekaman videonya dikutip pada Jumat (28/4/2023).

"Untuk itu saya mengingatkan TNI-Polri akan mengambil langkah-langkah yang lebih tegas demi apa, demi melindungi masyarakat, demi melindungi bangsa dan negara," sambungnya.

Mantan Panglima TNI itu menyebut jaringan separatis Papua kerap melakukan tindak kekerasan agar muncul rasa takut di masyarakat. Menurut dia, teror itu dilakukan agar masyarakat selalu berada di dalam pengaruh kelompok separatis.

"Sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa dengan adanya pembangunan Papua yang semakin baik dari waktu ke waktu, maka muncul rasa kekhawatiran itu dari pihak separatis. Karena apa, karena mereka akan kehilangan pengaruh," tuturnya.

Menurut Moeldoko, kelompok separatis berupaya agar pembangunan di Papua tidak dilanjutkan. Namun, pemerintah mempunyai komitmen kuat untuk membangun Papua lebih sejahtera.

"Tetapi jangan salah Presiden telah menegaskan apapun situasinya pembangunan Papua akan tetap berlanjut. Untuk itu sekali lagi saya ingatkan, TNI/Polri akan mengambil langkah yang lebih tegas," tukasnya.

BERITA TERKAIT