test

News

Kamis, 13 April 2023 12:42 WIB

Program Polisi RW Hadir Untuk Atasi Permasalahan Masyarakat

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Polres Metro Jakarta Barat menerjunkan 587 personel gabungan yang akan ditempatkan sebagai Polisi RW di wilayah hukumnya. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Sebanyak 34 Direktur Binmas se-Indonesia menghadiri kegiatan studi banding terkait program Polisi RW yang dilaksanakan di Polsek Tambora. Rencananya program tersebut akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Binmas Polda Metro Kombes Pol Badya Wijaya mengatakan kehadiran Polisi RW sebagai LO (Liaison officer) atau naradamping petugas dengan masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang ada.

“Sebagai LO tugas Polisi RW untuk mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan di masyarakat,” ujar Badya dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Lebih lanjut, Polisi RW sebagai LO diharapkan bisa mengatasi masalah-masalah di tengah masyarakat. Manakala permasalahan tidak dapat diselesaikan, maka wajib dilaporkan ke kantor polisi terdekat.

“Polisi RW itu seperti LO saja, jika dia tidak mampu mengatasi masalah yang ada sendiri, maka dia wajib meneruskan permasalahan yang dilaporkan warga ke Polsek atau Polres untuk diselesaikan segera oleh Polsek atau Polres,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polisi mengadakan kegiatan studi banding terkait dengan program Polisi RW yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya. Nantinya program tersebut rencananya akan diterapkan di seluruh wilayah di Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Polsek Tambora yang merupakan pilot project dari program baru pada hari Rabu (12/4/2023).

“Betul saat ini program polisi RW yang dilaksanakan Polda Metro Jaya menjadi percontohan seluruh Polda se-Indonesia,” ujar Direktur Binmas Polda Metro, Kombes Badya Wijaya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/4/2023).

Sebanyak 34 Direktur Binmas dari seluruh Polda di Indonesia menghadiri langsung kegiatan tersebut dengan tujuan Polisi RW nantinya untuk meningkatkan intensitas komunikasi antara polisi dan warga yang dilayaninya.

“Kami dikunjungi pejabat dari Koorbinmas Baharkam Polri dan seluruh Direktur Binmas Polda Se-Indonesia, datang mengunjungi Polsek Tambora, Jakbar untuk melihat langsung pelaksanaan program ini di lapangan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kapolda Metro Jaya saat ini yakni Irjen Pol Karyoto dalam commander wish-nya menyampaikan kepada anggotanya pada hari Senin (10/4/2023) untuk berkomitmen melaksanakan program yang digagas Kapolda Metro sebelumnya.

“Kapolda Metro Jaya yang baru dalam arahan kepada kami juga meminta untuk dilaksanakan penguatan pada program Polisi RW ini sebagai tindak lanjut atas perintah Kapolri,” jelasnya.

BERITA TERKAIT