test

News

Senin, 10 April 2023 11:01 WIB

Polda Metro dan Dishub DKI Tutup Jalan Putar Balik yang Timbulkan Kemacetan

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Salah satu jalan putar balik di Mampang yang ditutup. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta mulai melakukan penataan sejumlah jalan yang dinilai menimbulkan kepadatan. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi kemacetan yakni dengan menutup putaran balik atau U-turn di sejumlah ruas jalan di Jakarta, seperti di Jalan Wolter Monginsidi atau Jalan Santa, Jakarta Selatan.

“Kemarin yang kami usulkan ke Pemprov (Pemerintah Provinsi) yaitu di Santa, sehingga tidak terjadi penumpukan, dan ada beberapa juga yang kami usulkan nanti beberapa pembatas jalan dapat dimanfaatkan untuk kendaraan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangannya dikutip Senin (10/4/2023).

Dipaparkan oleh Latif, alasan penutupan U-turn tersebut lantaran volume kendaraan yang makin padat serta adanya penyempitan jalan.

“Karena di Jalan Santa itu terjadi persimpangan perpotongan jalan tegangan arus itu sama-sama volumenya besar. Di situ juga ada penyempitan jalan, dari 4 lajur menjadi satu lajur. Sehingga kami usulkan ada beberapa jalan yang kami lebarkan menjadi dua lajur,” paparnya.

Lebih lanjut, penutupan jalan yang sudah berjalan saat ini masih belum maksimal sepenuhnya sehingga diperlukan waktu untuk pembenahan.

Latif menambahkan, penutupan U-turn bukan hanya di satu titik saja, melainkan di sejumlah titik yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan sejak lama di titik yang dianggap tidak efektif dan menghambat lalu lintas.

“Tentunya udah banyak, kemarin Dinas Perhubungan sudah banyak. Udah banyak ditutup itu (U-turn),” tandasnya.

BERITA TERKAIT