test

News

Rabu, 5 April 2023 09:06 WIB

Polri: Tol Japek Hampir Pasti Tak Berlakukan One Way Saat Arus Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Dir Gakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri masih mengkaji kebijakan rekayasa lalu lintas, termasuk kemungkinan dilakukan skema one way atau sistem satu arah di jalan tol saat periode mudik lebaran 2023.

Hal tersebut disampaikan Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/4/2023).

"Kita akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas (selama mudik Lebaran 2023). Untuk di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hampir pasti kita tidak akan melakukan one way," ungkap Aan Suhanan.

Menurut Aan, one way tak perlu dilakukan karena Jalan Tol Jakarta-Cikampek bisa direkayasa dengan melaksanakan contra flow 3 lajur. Hal ini bisa memberikan kesempatan pengendara dari Bandung melewati Tol Jakarta-Cikampek pada saat arus mudik.

"Yang ada ini maksimal kita melaksanakan contra flow tiga lajur nantinya, karena sekarang di Cikampek 47 sampai 65 itu sudah 4 lajur sehingga ini cukup dengan contra flow tiga lajur, ini sudah delapan lajur," jelasnya.

"Jadi kita tidak perlu one way sehingga bisa memberi kesempatan ke masyarakat yang dari Bandung pada saat arus mudik ini masih bisa melalui jalan tol Jakarta-Cikampek. Kita berikan 1 lajur dan bahu jalan," terangnya.

Aan menjelaskan, rekayasa lalu lintas contra flow akan diberlakukan jika satu lajur kendaraan bermotor mencapai 5.500 per jam (60%), dua lajur ranmor sudah mencapai 6.400 kendaraan/jam, dan tiga lajur ranmor sudah mencapai 7.300 kendaraan/jam

"Kalau angka tersebut sudah mendekati 60% dari kapasitas yang ada per jamnya kita akan melakukan contra flow," tukasnya.

Lebih lanjut Aan menambahkan, jika Cikampek sudah contra flow dua lajur maka di Cipali akan diberlakukan one way. Hal ini dilakukan agar tak ada bottle neck di pintu masuk Cipali.

BERITA TERKAIT