test

News

Selasa, 4 April 2023 17:23 WIB

Polda Metro Nilai Kemacetan Selama Bulan Ramadhan Masih Normal

Editor: Hadi Ismanto

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menilai kemacetan di sejumlah ruas jalan ibu kota, khususnya selama bulan Ramadhan masih pada tergolong normal.

"Iya, (kemacetan selama ramadhan) masih normal," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, Selasa (4/4/2023).

Lebih lanjut Latif mengungkapkan, kemacetan yang terjadi salah satunya disebabkan meningkatnya aktivitas masyarakat menjelang berbuka puasa. Dengan begitu, volume kendaraan menjadi meningkat.

"Kan karena aktivitas masyarakat, terus menjelang buka puasa kan gitu. Karena kan aktivitas saja, bukan karena ada hambatan, bukan karena misalnya yang menghalangi nggak ada. Volume tinggi, aktivitas masyarakat tinggi," tuturnya.

Menurut Latif, pihak kepolisian telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi masalah kemacetan tersebut. Salah satunya menerjunkan personel lebih awal di titik-titik rawan macet jelang buka puasa untuk mengurai kemacetan.

“Kita menggelar personel lebih awal, sudah kita jalankan,” imbuhnya.

Latif Usman memprediksi kemacetan pada pagi dan sore hari terjadi lebih awal pada pekan pertama puasa. Selanjutnya jam kemacetan akan kembali ‘normal’ seperti sebelumnya.

"Biasanya kan jam 6 sore padat. Mungkin nanti jam 4 sore (sudah mulai macet), karena mengejar berbuka puasa di rumah. Tapi di awal-awal saja kemungkinan, nantinya kembali lagi,” ungkapnya

Begitu juga jam kemacetan pada pagi hari. Di bulan Ramadan ada kecenderungan pekerja berangkat selepas Subuh. "Iya pagi hari juga. Kalau pagi hari ada pengunduran jam kerja biasanya, nanti kita lihat regulasi dari masing-masing instansi bagaimana," tukasnya.

BERITA TERKAIT