test

Hukrim

Kamis, 30 Maret 2023 20:20 WIB

Waspada Penipuan Travel Umroh yang Tawarkan Harga Lebih Murah

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi. (Foto: PMJ News/ Fajar)

PMJ NEWS -  Polisi mengungkapkan PT Naila Syafa’ah Wisata Mandiri yang melakukan penipuan travel umroh menawarkan korbannya dengan harga lebih murah agar tertarik.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan bahwa harga murah yang ditawarkan oleh PT Naila lebih rendah dari yang direferensikan Kementerian Agama.

“Adapun modus operandi daripada PT Naila Syafa’ah Wisata Mandiri di antaranya adalah, pertama, menjual tiket lebih murah atau di bawah daripada referensi daripada Kementerian Agama,” ujar Hengki dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/3/2023).

“Ini untuk menarik jamaah agar bisa ikut dalam travel PT Naila ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Hengki juga mengungkapkan modus lain penipuan dilakukan yakni menggunakan testimoni dari jemaah yang sudah diberangkatkan agar korban tertarik.

“Kemudian melakukan promosi via medsos, Kemudian dilihat program-programnya, kemudian diikuti dengan testimoni dari jamaah yang sebelumnya sudah berangkat,” ucap Hengki.

“Jadi pintar. Untuk menarik jemaah berikutnya, kalau keberangkatan awal itu udah sesuai, bahkan mungkin dibuat sebagus mungkin, sehingga bisa menarik jemaah berikutnya,” jelas Hengki.

BERITA TERKAIT