test

News

Kamis, 30 Maret 2023 09:06 WIB

Kemenag: Jemaah Korban Penipuan Umroh Sudah Dipulangkan ke Tanah Air

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya mengungkap praktek penipuan yang dilakukan pemilik agen travel umroh PT NSWM hingga jemaah terlantar di Arab Saudi.

Terkait kasus ini, Kementerian Agama (Kemenag) memastikan para jemaah korban penipuan tersebut saat ini seluruhnya sudah kembali ke Tanah Air.

"Kabar terakhir sudah pulang semua," ujar Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (29/3/2023).

Menurut Anna, awalnya Kemenag menerima informasi ada jemaah yang terlantar di Saudi pada tahun lalu. Selanjutnya, langsung berkoordinasi dengan Polri hingga KJRI.

"Ketika kami mendapat laporan ada jemaah yang tidak dapat pulang, kami berkoordinasi dan memberi pendampingan. Pihak Kemenag menuntut PT NSWM ini untuk ikut memulangkan jemaah," tuturnya.

Anna menjelaskan, pemulangan para jemaah dipulangkan secara bertahap dalam jangka waktu November 2022 sampai dengan awal tahun 2023.

"Pemulangan bertahap. Sejak November 2022 sampai awal 2023," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya mengungkap kasus penipuan travel umrah yang mengakibatkan ratusan orang menjadi korban, termasuk jemaah yang terlantar di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke Indonesia.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan dalam kasus tersebut diamankan dua orang pemilik travel PT Naila Safaah Wisata Mandiri (NSWM), yakni pasangan suami istri MA alias Abi (52) dan HA alias Bunda (48).

“Pelaku ditangkap pada 27 Februari 2023,” ujar Hengki dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023).

Selain keduanya yang menjadi tersangka, Hengki mengungkapkan bahwa terdapat satu orang lain yang juga menjadi tersangka, yakni Direktur Utama dari PT NSWM berinisial H (59).

BERITA TERKAIT