test

News

Senin, 20 Maret 2023 13:25 WIB

Demo Guru Swasta dan Timnas Israel, Ribuan Personel Amankan Unras di Jakpus

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin. (Foto: PMJ News/ Mochlas)

PMJ NEWS -  Sejumlah aksi unjuk rasa dilakukan oleh beberapa kelompok massa di wilayah Jakarta Pusat hari ini Senin (20/3/2023), di antaranya di depan Gedung DPR dan di Patung Kuda.

“Yang di DPR itu dari yang sementara ini berlangsung dari guru swasta. Himpunan guru-guru swasta,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dihubungi, Senin (20/3/2023).

“(Yang di) Patung Kuda terkait dengan masalah Israel . Ya menolak Timnas Israel (di Piala Dunia U-20 di Indonesia),” tambahnya.

Komarudin menuturkan, demo yang terjadi di wilayah hukum Jakarta Pusat hari ini terdapat 18 titik. Namun yang melibatkan massa yang besar berada di dua titik DPR dan Patung Kuda tersebut dengan estimasi 200 dan 500 massa.

“Kita siapkan sementara 1700 personel gabungan (untuk pengamanan),” katanya.

Lebih lanjut, Komarudin mengimbau kepada peserta demo untuk menghormati hak-hak pengguna jalan lain saat melakukan aksi unjuk rasa.

“Imbauan kami kepada peserta aksi yang mau menyampaikan pendapatnya di muka umum silahkan untuk memberikan dengan baik karena itu merupakan hak setiap warga negara dan dilindungi Undang-undang,” ucapnya.

“Namun ada kewajiban lain yang harus kita patuhi juga yakni untuk menghormati juga hak-hak pengguna jalan yang ada di ibukota. Jadi silahkan membagi tempat ikuti aturan yang telah diberikan oleh petugas kami di lapangan. Sekatan-sekatan yang dilakukan silakan melakukan aksi pada titik yg sudah disiapkan, sehingga aktivitas masyarakat ibu kota tidak terganggu,” jelasnya menutup pembicaraan.  

BERITA TERKAIT