test

News

Jumat, 6 November 2020 16:16 WIB

Hore, Ada Program Gratis Naik Kereta Api Bagi Guru dan Tenaga Kesehatan

Editor: Ferro Maulana

PT KAI tegakkan protokol kesehatan. (Foto: PMJ/Instagram)

PMJ - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI Persero menggelar ‘Program Gratis Naik KA’ bagi guru dan tenaga kesehatan. Program ini dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 2020.

"Program Gratis Naik KA ini dihadirkan untuk menghormati dan menghargai guru dan tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa," ungkap Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Supriyanto kepada wartawan, di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (6/11/2020).

PT KAI membagikan 10.000 voucher tiket KA jarak jauh secara cuma-cuma kepada guru dan tenaga kesehatan yang bisa digunakan untuk periode keberangkatan tanggal 8-30 November 2020.

Menurut Supriyanto, penyelenggaraan Program Gratis Naik KA itu didasari oleh keberadaan guru sebagai sosok utama di garda terdepan pendidikan nasional.

"Hal itu mengingat pendidikan adalah wadah pondasi yang sangat penting pencetak generasi bangsa. Sementara para tenaga kesehatan merupakan para pahlawan kemanusiaan pada masa pandemi Covid-19 saat ini,” jelasnya.

“Mereka yang berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga, tapi juga rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain," katanya lagi.

Masih dari penjelasannya, voucher itu hanya diberikan kepada guru taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat dan tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif dan tata usaha.

"Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa kartu/surat keterangan, sedangkan untuk tenaga kesehatan berupa fotokopi surat izin praktik (SIP) yang masih berlaku," sambungnya.

Adapun sebanyak 35 KA kelas eksekutif dan ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode keberangkatan tanggal 8-30 November 2020 dengan menukarkan voucher itu.

Pengambilan Voucher

Supriyanto menerangkan, voucher tersebut dapat diambil di Customer Service (CS) yang ada di sembilan stasiun. Antara lain, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng dan Jember.

"Kuota pengambilan voucher per hari terbatas untuk menciptakan physical distancing dan jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas," tuturnya.

Voucher tiket KA eksekutif dapat diambil pada tanggal 7-29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan tanggal 8-30 November 2020. Sedangkan voucher tiket KA ekonomi dapat diambil pada tanggal 11-29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan tanggal 12-30 November 2020.

Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan kupon, misalnya jika pengambilan voucher di CS Stasiun Purwokerto hanya dapat digunakan untuk kereta api keberangkatan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto, bukan dari daerah operasi lainnya.(KAI/ Fer)

BERITA TERKAIT