test

News

Senin, 13 Maret 2023 16:02 WIB

Resmikan Penataan Pura Besakih, Jokowi: Harus Diikuti Pengelolaan yang Baik

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penataan kawasan suci Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penataan kawasan suci Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali, Senin (13/3/2023). Kepala Negara berpesan agar fasilitas yang sudah dibangun dapat dikelola dan dirawat dengan baik.

"Membangun fasilitas yang bagus dan megah lebih mudah dari mengelola dan merawat," ujar Jokowi saat peresmian seperti dilihat dari siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden.

"Untuk itu saya benar-benar ingin titip agar fasilitas yang sudah dibangun pempus dan pemprov ini dengan dana yang sangat besar, tadi disampaikan Pak Gubernur, harus diikuti dengan pengelolaan yang baik dan pengelolaan profesional," sambungnya.

Presiden menyebut Pura Besakih merupakan tempat yang sangat disucikan bagi umat Hindu di seluruh dunia. Dengan terjaganya kesucian dan kebersihan Pura Agung Besakih, akan mengundang umat Hindu untuk berbondong-bondong berkunjung.

"Kedatangan umat dan pengunjung tanpa ada diimbangi dengan penataan, tanpa ada antisipasi ke depan akan timbul kesemrawutan dan timbul ketidaknyamanan. Saya perintahkan ke Pak Menteri PUPR untuk melakukan penataan," tuturnya.

Selain itu, Jokowi menilai perlu disiapkan manajemen pengelolaan dengan kompetensi yang baik serta melibatkan Desa Adat Besakih dan masyarakat setempat.

"Harus disiapkan manajemen dengan kompetensi yang baik sehingga mampu menjembatani kepentingan yang ada, libatkan Desa Besakih dan Desa Adat Besakih, beri kesempatan kepada masyarakat ikut berpartisipasi dan berkontribusi," tuturnya.

BERITA TERKAIT