test

News

Kamis, 9 Maret 2023 10:40 WIB

Ratusan Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Masih di Pengungsian

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Presiden Jokowi tinjau lokasi pengungsian kebakaran di Depo Pertamina Plumpang. (Foto: Instagram Jokowi)

PMJ NEWS - Sudah satu minggu, ratusan jiwa korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara masih mengungsi dan menetap di tiga posko pengungsian. Hal ini berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

BPBD DKI menyebut jumlah itu merupakan hasil pendataan hingga pukul 06.00 WIB, Kamis (9/3/2023). Jumlah sudah termasuk tambahan posko pengungsian yang dekat lokasi rumah penduduk.

"Tercatat jumlah pengungsi saat ini sebanyak 206 jiwa, rinciannya di Kantor PMI Jakarta Utara berkurang 12 jiwa sehingga menjadi 101 jiwa; RPTRA Rasela 25 jiwa; dan Posko Pengungsian RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan berjumlah 80 jiwa," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Kamis (9/3/2023).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, hingga pukul 06.00 WIB, korban meninggal berjumlah 19 jiwa. Sedangkan 32 jiwa sedang dalam penanganan tim medis di 6 rumah sakit. Dan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta di Plumpang, Posko PMI Jakarta Utara, dan RPTRA Rasela telah melayani 377 layanan. Di antaranya layanan cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), cetak Kartu Keluarga (KK), pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD), permohonan akta lahir, dan konsultasi.

Pemprov DKI Jakarta masih terus berupaya melakukan penanganan terbaik bagi korban dan pengungsi bencana kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, yang terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam. Termasuk memastikan kondisi korban dan pengungsi mendapatkan kebutuhan dasarnya, seperti makanan dan pakaian melalui bantuan yang diberikan.

“Bantuan yang disalurkan ini terdiri atas makanan, pakaian, dan obat-obatan. Bantuan ini akan terus diupayakan untuk disalurkan secara optimal dan kontinyu. Hal ini adalah upaya kami untuk memastikan kondisi korban dan pengungsi dapat memenuhi kebutuhan dasarnya,” terangnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam sekitar pukul 20.20 WIB. Warga sempat mencium bau BBM sangat menyengat sebelum api menyala. Diduga ada kebocoran pipa BBM di dalam area depo.

BERITA TERKAIT