test

News

Selasa, 31 Januari 2023 14:24 WIB

Polri Kembangkan CCTV Pengenal Wajah Terintegrasi ke Command Center

Editor: Hadi Ismanto

Wakaposko Presisi Polri, Kombes Pol Indarto saat Diskusi Publik Restrukturisasi dan Reposisi Polri Menghadapi Tahun Politik dan Era 4.0. (Foto: PMJ News/Dok Polri)

PMJ NEWS - Polri tengah mengembangkan CCTV dengan teknologi face recognition atau pengenal wajah. Kamera pengawas ini nantinya akan terintegrasi ke command center dan bisa mengenali wajah DPO teroris.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakaposko Presisi Polri, Kombes Pol Indarto dalam acara Diskusi Publik Restrukturisasi dan Reposisi Polri Menghadapi Tahun Politik dan Era 4.0, di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

"Ada face recognition, maka semua CCTV dapat menangkap wajah itu, ketika tingkat akurasi kecocokannya itu 60 persen ke atas maka ada tim surveilans yang akan menindaklanjutinya. Itu standar seperti itu," ungkap Indarto.

Menurut Indarto, CCTV dengan teknologi pengenal wajah tersebut nantinya akan diterapkan di seluruh Polda jajaran. Dia menyebut teknologi ini tentu membutuhkan biaya yang tidak murah.

"Dan itu akan dikembangkan ke seluruh Polda, tapi tentu saja tidak dalam waktu singkat karena ini biaya mahal, jadi kita prioritaskan ke Polda yang memiliki tingkat kerawanan tinggi," tuturnya.

Lebih lanjut Indarto menjelaskan, CCTV dengan teknologi ini sejatinya sempat diterapkan dalam pertemuan KTT G20 Bali beberapa waktu lalu. Bahkan PBB sudah mengklaim CCTV tersebut sudah masuk standar internasional.

"Bahwa command center ini kemarin telah diuji pada saat pengamanan G20. Bahkan utusan dari PBB menyatakan bahwa standar command center ini dapat dijadikan standar dunia," terangnya.

BERITA TERKAIT