test

News

Jumat, 27 Januari 2023 06:01 WIB

Gelar FGD, Polri Petakan Kerawanan Penyelenggaraan Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Polri menggelar Forum Group Discussion (FGD) untuk memetakan kerawanan penyelenggaraan Pemilu 2024. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri)

PMJ NEWS - Polri terus melakukan pemetaan kerawanan dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan menggandeng stakeholder terkait.

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan adalah dengan menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertemakan ‘Menampik Berita Bohong, Ujaran Kebencian, Polintik Identitas, Polarisasi Politik, Dan Sara Pada Pemilu 2024‘.

"Kegiatan ini dapat memberikan gambaran yang jelas terkait potensi dan antisipasi pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu 2024," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Kamis (26/1/23).

"Pengawasan penyelenggaraan pemilu dalam konteks politik identitas, polarisasi politik dan isu sara, memetakan strategi kontra wacana berita bohong dan ujaran kebencian terkait pemilu dan memaparkan langkah-langkah mitigasi Polri terhadap narasi kontraproduktif diruang siber jelang Pemilu 2024," sambungnya.

Menurut Dedi, perlu komitmen dari seluruh elemen bangsa, terutama para penyelenggara pemilu agar kehidupan demokrasi semakin matang dan berkualitas. Sehingga, melahirkan pemerintahan yang memiliki legitimasi kuat.

"Dari FGD ini juga dapat memberikan pemahaman mengenai praktik politik identitas, polarisasi politik dan SARA dalam konteks pengawasan penyelenggaraan pemilu," tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagia, Kepala Biro Multimedia Polri Brigien Pol Gatot Repli Handoko, Dosen Hubungan Masyarakat Vokasi UI Devie Rahmawati, dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

BERITA TERKAIT