test

Kesehatan

Sabtu, 14 Januari 2023 22:01 WIB

Studi: Kunci Hidup Bahagia Adalah Miliki Hubungan Baik dengan Orang Lain

Editor: Hadi Ismanto

Studi mengungkap kunci sederhana untuk hidup bahagia salah satunya adalah memiliki hubungan baik dengan orang lain. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Sumber kebahagiaan itu bisa datang dari mana saja seperti keluarga, teman, dan lingkungan. Namun, sebenarnya sumber utama rasa bahagia itu datang dari diri sendiri.

Sebuah studi mengungkap kunci sederhana untuk hidup bahagia salah satunya adalah memiliki hubungan baik dengan orang lain atau bersosialisasi.

Hal tersebut diungkap para direktur Harvard Study of Adult Development dalam buku mereka The Good Life: Lessons from the World's Longest Scientific Study of Happiness

"Kita meremehkan dampak baik dari hubungan antarmanusia," ucap tim peneliti seperti dilansir dari laman Insider, Sabtu (14//1/2023).

Kaitan antara hidup bahagia dan memiliki hubungan baik dengan orang lain ini diungkapkan oleh sebuah studi yang berlangsung selama 85 tahun.

Menurut studi tersebut, hubungan baik dengan orang lain tersebut perlu disertai dengan terjalinnya kontak yang sering dan berkualitas.

"Kita memerlukan orang lain untuk berinteraksi dan membantu, dan kita akan berkembang bila kita memberikan koneksi dan dukungan yang sama kepada orang lain," tambahnya.

Tim peneliti menambahkan, memiliki hubungan yang baik dengan orang lain tak hanya bermanfaat secara emosional. Studi ini menunjukkan, hubungan yang baik juga dapat membuat orang-orang hidup lebih lama dan lebih terbebas dari rasa sakit.

BERITA TERKAIT