test

News

Kamis, 22 Desember 2022 16:21 WIB

Penipuan Upgrade Fitur BI Fast di Medsos, Begini Cara Nasabah Bank Hadapi

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi penipuan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Beberapa hari terakhir, berbagai jenis penipuan ramai beredar di media sosial. Seperti, WhatsApp, Instagram, Facebook sampai Twitter.

Saat ini ada modus penipuan berupa iklan penawaran upgrade fitur BI Fast di aplikasi BCA mobile, myBCA atau KlikBCA. Padahal, fitur BI FAST tersebut secara otomatis telah ada di versi terbaru aplikasi-aplikasi itu.

Untuk diketahui, BI Fast adalah infrastruktur sistem pembayaran dari Bank Indonesia (BI) untuk memfasilitasi pembayaran antar bank yang lebih efisien, aman, berlangsung saat itu juga (real time), dan beroperasi selama 24 jam dalam seminggu atau sepanjang waktu.

Ketimbang dengan infrastruktur sebelumnya, BI Fast lebih hemat lantaran hanya dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi.

Melihat peluang itu, para penipu melakukan aksinya dengan memasang iklan di di Instagram. Para pelaku kejahatan memakai akun palsu yang dibuat semirip mungkin dengan akun resmi BCA.

Seringkali visualnya mengambil dan mengedit dari akun asli BCA. Alhasil, kualitas gambar bila dibandingkan jauh berkurang.

Dengan dalih agar dapat dilakukan upgrade fitur BI Fast, pelaku justru memberikan link palsu dan meminta korban untuk mengisi data pribadi. Misalnya, nomor kartu ATM, PIN, OTP, dan lain-lain.

Padahal, data pribadi itu diincar oleh penipu untuk bisa mengakses akun rekening milik korban, dan selanjutnya menguras uangnya.

Menghadapi modus kejahatan penipuan tersebut, beberapa tips yang harus diperhatikan oleh nasabah untuk mencegah penipuan ini.

1.Pada umumnya iklan penipuan ini menggunakan akun palsu yang dibuat semirip mungkin dengan akun BCA.

Berbeda dengan akun resmi BCA, akun palsu lebih terlihat berantakan (asal comot gambar, red), kualitas gambar jelek, jumlah follower sedikit, dan lain-lain.

2.Akun resmi media sosial BCA sudah ter-verified. Sehingga bercentang biru. Antara lain, Instagram BCA adalah @GoodlifeBCA. Akun-akun resmi media sosial BCA bisa dicek di bca.co.id/socialmedia.

3.Fitur BI Fast otomatis bisa didapatkan di BCA mobile dan myBCA versi terbaru. BI FAST juga bisa didapatkan di KlikBCA Individu / KlikBCA Bisnis.

4.Awas link palsu! Seperti link isian data yang menyerupai tampilan BCA mobile. Jangan di klik, apalagi isi data-data pribadi bank nasabah.

5.Data pribadi bank itu adalah kunci rumah. Waspada agar orang lain tidak bisa mengakses akun rekening, jaga selalu kerahasiaan data seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP, dan lain-lain.

Buka kamu menemukan akun-akun palsu BCA di Instagram Ads, laporkan ke Halo BCA di 1500888 agar akun mereka di take down, sehingga korban penipuan berkurang.

Sedangkan, bagi nasabah yang ingin menggunakan BI Fast, cukup memastikan BCA mobile atau di myBCA adalah versi yang terkini.

Caranya yakni dengan melakukan update aplikasi BCA mobile dan myBCA pada Play Store atau App Store. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kamu berkunjung ke website BCA.

BERITA TERKAIT